January 13, 2013

Cara Membersihkan Softlens atau Lensa Kontak

Softlens-atau-Lensa-kontak
Cara Membersihkan Softlens atau Lensa Kontak. Softlens atau Lensa kontak bukan hanya digunakan oleh orang yang mempunyai mata minus tetapi juga mata normal juga bisa make softlens untuk sekedar fashion.

Softlens atau Lensa Kontak memerlukan perawatan khusus, karena jika kita malas membersihkan dan menyimpannya dengan baik, justru akan dapat menyebabkan iritasi yang dapat beresiko bagi mata.

Cara Membersihkan Softlens atau Lensa Kontak :
Dasar perawatan Softlens atau Lensa Kontak yaitu tahap membersihkan, bilas dan suci hamakan softlens Seperti berikut;
  1. Sebelum membersihkan softlens, cuci tangan dengan sabun agar kotoran dan kuman tidak terbawa ke mata. Hindari sabun pelembab, karena bersifat anti untuk lensa kontak. Setelah bersih, keringkan tangan dengan handuk bebas serat. 
  2. Lap satu persatu lensa dan bersihkan dengan cairan multi purpose solution yang direkomendasikan.  Bersihkan semua yang menempel dimata, misal kosmetik atau debu yang dapat  mengganggu kenyamanan lensa.
  3. Kemudian bilas lensa lagi untuk memastikan kotoran-kotoran yang masih tertinggal, karena membilas merupakan langkah yang penting.
  4. Setelah bersih, tempatkan lensa dalam tempat lensa  yang kedap udara, bertutup rapat, dan rendam dalam cairan Multi Purpose Solution, jangan memakai multi purpose solution dari lensa kontak lama. Cairan ini untuk membunuh mikroorganisme pada lensa softlens.
Penggunaan Softlens atau Lensa Kontak erat hubungannya dengan cairan Multi Purpose Solution atau cairan pembersih atau pensuci hama yang diformulasikan menyerupai cairan mata.

Cara penggunaannya adalah dengan menuangkan pada wadah khusus dan merendam softlens di dalamnya. Pemakaian dan perawatan cairan ini pun harus hati-hati, karena sangat rentan mentransfer kuman atau bakteri ke mata, berikut langkahnya;
  1. Perhatikan waktu perendaman softlens (minimal 4 jam, maximal 24 jam). 
  2. Hindari pencampuran cairan multipurpose solution yang berbeda dalam satu penggunaan
  3. Agar tidak terjadi kontaminasi kuman, jangan menuang cairan ini pada wadah/botol lain untuk digunakan lagi.
  4. Lebih dianjurkan memakai pembersih protein yang sama merk/produk dengan cairan solution yang dipakai.
  5. Pastikan tangan telah dicuci dengan sabun, sebelum memakai cairan ini untuk membersihkan softlens.
Demikian Cara Membersihkan Softlens atau Lensa Kontak, kita akan lanjutkan di artikel berikutnya Cara Merawat Softlens atau Lensa Kontak - Lanjutan. Semoga Manfaat.[HLTH.SOFTLENS]

Related Posts

Cara Membersihkan Softlens atau Lensa Kontak
4/ 5
Oleh :

5 comments

sangat berguna sekali ini untuk wanita ya mas....terima kasih infoermasinya

silaturahmi sob...

sepertinya mudah make kacamata yaa sob...

nice info kang , alhamdulillah saya gak pakek softline:)

@Deby Putra Bahrodin
Laki juga sudah banyak yang menggunakannya teman


@Edalogi
Ga ribet ngurusnya Sob

@cak oni
Siapatahu nanti make Mas