February 22, 2013

Foto Desa Terdingin di Dunia Oymyakon Rusia

Foto Desa Terdingin di Dunia Oymyakon Rusia. Desa Oymyakon di wilayah Yakutia, Rusia Timur Jauh terkenal sebagai desa terdingin di dunia. Suhu di desa itu di bulan Januari rata-rata adalah -50 derajat Celcius.

Foto-Oymyakon-Rusia-Desa-Terdingin-di-Dunia

Kini, temperatur udara Oymyakon anjlok ke angka minus 71 derajat Celsius. "Bahkan tak ada pesawat yang mampu mendarat pada musim dingin," tulis Mail Online, Senin, 18 Februari 2013.

Foto-Oymyakon-Rusia-Desa-Terdingin-di-Dunia_1
Foto-Oymyakon-Rusia-Desa-Terdingin-di-Dunia_2

Dikenal sebagai "Kutub Dingin", Oymyakon menjadi desa hunian terdingin di dunia, dengan jumlah penduduk sekitar 500 orang. Pada tahun 1920-1930, Oymyakon menjadi tempat persinggahan para penggembala rusa. Untuk menyelesaikan masalah penduduk nomaden, pemerintah, kala itu Soviet, membangun permukiman permanen di Oymyakon.

Foto-Oymyakon-Rusia-Desa-Terdingin-di-Dunia_3
Foto-Oymyakon-Rusia-Desa-Terdingin-di-Dunia_4
Foto-Oymyakon-Rusia-Desa-Terdingin-di-Dunia_5
Foto-Oymyakon-Rusia-Desa-Terdingin-di-Dunia_6

Dalam kesehariannya, penduduk Oymyakon kerap menghadapi berbagai masalah, dari tinta pena yang mudah membeku, wajah yang sering dihinggapi es beku, serta baterai yang gampang kehilangan daya.

Foto-Oymyakon-Rusia-Desa-Terdingin-di-Dunia_7
Foto-Oymyakon-Rusia-Desa-Terdingin-di-Dunia_8
Foto-Oymyakon-Rusia-Desa-Terdingin-di-Dunia_9

Bahkan, penduduk Oymyakon kerap membiarkan kendaraan dalam posisi menyala, meski tengah terparkir. Sebab, mereka khawatir akan sulit kembali menghidupkan mobil itu. "Bahkan sinyal telepon genggam kerap hilang karena suhu yang terlalu dingin."

Foto-Oymyakon-Rusia-Desa-Terdingin-di-Dunia_10
Foto-Oymyakon-Rusia-Desa-Terdingin-di-Dunia_11

Guna mendapatkan panas serta menikmati fasilitas modern, penduduk Oymyakon membakar batu bara dan kayu. Rendahnya suhu udara pun membuat tumbuhan tak bisa hidup di sana.

Sehingga penduduk harus menyantap daging rusa dan kuda, setiap hari. Meski tanpa sayur, penduduk di sana tak menderita kekurangan gizi. Sebab mereka mengonsumsi susu hewan yang mengandung banyak mikronutrien.

Desa ini berada 750 meter di atas permukaan laut. Panjang harinya beragam, dari 3 jam pada Desember, serta 21 jam di musim panas. Untuk pendidikan anak-anak tetap sekolah seperti di kota lain. Mereka libur jika suhu udara di bawah minus 52 derajat Celsius.

Related Posts

Foto Desa Terdingin di Dunia Oymyakon Rusia
4/ 5
Oleh :