February 16, 2013

Foto Ledakan Meteor yang Jatuh di Rusia

Foto Ledakan Meteor yang Jatuh di Rusia. Militer Rusia memastikan sudah tiga lokasi yang diidentifikasi sebagai tempat jatuhnya meteor yang meledak di Rusia, Jumat (15/2/2013).

Foto-meteor-meledak-di-Rusia
Meteor terlihat di atas kota Chelyabinsk, Rusia, 15/2. serpihan batunya menjatuhi gedung dan rumah penduduk
Laporan situs Russia Today (RT) menunjukkan, Angkatan Darat Rusia telah mengamankan tiga titik jatuhnya meteorit. Dua titik di Danau Chebarkul di bagian barat Kota Chelyabinsk, dan satu lagi di dekat Zlatoust yang terpisah jarak 80 kilometer dari kedua titik lainnya.

Foto-meteor-meledak-di-Rusia_1
Foto-meteor-meledak-di-Rusia_3
Foto-meteor-meledak-di-Rusia_2
Penemuan di Danau Cherbakul berdasarkan laporan penduduk setempat. Lokasi tersebut diduga sebagai tempat jatuhnya meteorit karena terdapat lubang seperti kawah di perairan yang membeku. Salah satu lubang yang diduga bekas tumbukan meteorit itu selebar 6 meter.


Foto-meteor-meledak-di-Rusia_4
Foto Lubang di permukaan Danau Chebarkul yang membeku diduga akibat tumbukan meteorit, Jumat (15/2/2013)


Foto-meteor-meledak-di-Rusia_5

Para ahli yang dikerahkan ke lokasi untuk mengidentifikasinya memperkirakan, meteorit yang jatuh berbahan batuan dan besi. Penyelaman akan dilakukan untuk mencari benda tersebut, dilaporkan tak ada kenaikan radiasi berbahaya di sekitarnya. Sampel air juga tak tercemar bahan asing.

Hasil analisis Akademi Sains Rusia sebelumnya menyatakan bahwa meteor yang meledak diperkirakan seberat 10 ton dan melesat di atmosfer Bumi dengan kecepatan supersonik hingga 54.000 kilometer per jam sebelum meledak di ketinggian 30-50 kilometer dari permukaan tanah.

Lembaga Antariksa Rusia Roskosmos juga memperkirakan bahwa obyek yang jatuh di Chelyabinsk adalah meteorit.

"Berdasarkan perkiraan awal, obyek angkasa itu adalah bukan buatan manusia dan memenuhi syarat sebagai sebuah meteorit. Benda tersebut bergerak pada lintasan rendah dengan kecepatan 30 kilometer per detik," demikian analisis Roskosmos[metrotvnews,bbc]

Related Posts

Foto Ledakan Meteor yang Jatuh di Rusia
4/ 5
Oleh :