December 31, 2012

Khasiat Makan Sup Hangat Saat Terserang Flu dan Pilek

Mengatasi-flu
Khasiat Makan Sup Hangat Saat Terserang Flu dan Pilek. Saat badan kita mulai meriang disertai hidung mampet dan bersin-bersin, semangkuk sup hangat cukup ampuh meredakan gejala flu dan pilek.

Bahkan sup banyak direkomendasikan oleh para ahli untuk mengurangi semua gejala influenza.

American Journal of Therapeutics mempublikasikan salah satu penelitian mengenai kandungan karosin dalam sup ayam. Zat karosin mampu meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan virus influenza.

Riset Dr. Stephen Rennard yang menyimpulkan sup ayam mampu menghambat renspon neutrofil, jenis sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi. Penghambatan neutrofil ini secara signifikan mengurangi gejala infeksi saluran napas atas.

Racikan sup ayam biasanya terdiri dari sayuran, bawang putih, potongan daging ayam, merica, garam, kentang, lobak, daun seledri wortel dll. Aneka macam bahan ini memberikan nutrisi tambahan yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Uap sup ayam panas dapat melegakan saluran pernapasan dan kuahnya menambah asupan cairan tubuh yang mengencerkan lendir sehingga hidung tidak tersumbat.

Sebuah studi
Di Miami dilakukan untuk mempelajari efek air dingin, air hangat dan sup ayam terhadap aliran lendir dan udara hidung.

Penelitian yang melibatkan 15 partisipan ini berkesimpulan sup meningkatkan fungsi silia hidung (rambut halus untuk transportasi lendir) mencegah zat berbahaya masuk ke hidung, mengurangi resiko hidung tersumbat dan membersihkan saluran napas.

Penelitian juga membuktikan bahwa nutrisi akan mudah diserap pada cairan dibandingkan dalam bentuk padat.

Dari berbagai penelitian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa sup ayam hangat karena mengandung karosin, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan zinc  diketahui meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus flu.

Makanan lain yang sudah terbukti bisa mengurangi gejala flu antara lain buah kiwi, jeruk nipis, ubi, teh hangat serta jenis asupan probiotik. Orang yang mengkonsumsi probiotik mengalami penurunan gejala flu hingga 34% serta percepatan penyembuhan menjadi 2 hari.[HLTGRD]

Related Posts

Khasiat Makan Sup Hangat Saat Terserang Flu dan Pilek
4/ 5
Oleh :

2 comments

Anonymous delete 11:15

lebih baik minum jeruk nipis mas saya :D

krang suka sup hehehe :D

@limitpost
Jeruk nipis hangat sob