September 5, 2012

Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Mengurangi Risiko Penularan HIV

Kandungan-Air-Susu-Ibu
Laurencius, Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Mengurangi Risiko Penularan HIV. Kandungan dalam Air Susu Ibu (ASI) diduga kuat mengurangi risiko penularan HIV dari ibu kepada anak.

Karena itu para perempuan yang terinfeksi HIV disarankan untuk tetap menyusui bayinya sambil terus mengonsumsi obat ARV.

Penelitian yang dilakukan di Zambia menyimpulkan hal tersebut. Para peneliti mengumpulkan contoh ASI dari 81 wanita dengan HIV positif yang menularkan virus mereka pada bayinya selama masa menyusui, serta 86 contoh ASI dari wanita yang positif HIV tetapi tidak menularkan virus, serta 36 wanita yang tidak terkena HIV.

Para ilmuwan kemudian menganalisa sampel ASI tersebut untuk mengetahui konsentrasi karbohidrat yang disebut oligosakarida dalam susu manusia. Ada bukti kuat yang menunjukkan oligosakarida mengandung komponen aktif imunologi yang mengurangi risiko penularan virus.

Hasil penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutirion menemukan bahwa wanita yang ASI-nya memiliki kandungan oligosakarida dalam jumlah tinggi, beresiko lebih rendah menularkan HIV kepada bayinya dibandingkan dengan mereka yang konsentrasinya lebih rendah.

"Selama ini orang lebih mengenal kandungan protein dan lemak yang baik dalam ASI, tetapi oligosakarida kurang diketahui manfaatnya," kata Lars Bode, ketua peneliti dan asisten profesor pediatrik dari Universitas California, San Diego.[KMP.H]

Related Posts

Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Mengurangi Risiko Penularan HIV
4/ 5
Oleh :

15 comments

emang bnyk sekali yah ASI manfaat nya, panta saja memnag dianjurkan untuk bayi :)

air susu ibu memang sudah di atur ALLAH untuk memberi kesehatan kepada bayi dan memproteksi bayi dari segala penyakit :)

@Aldio Blog
Sangat dianjurkan sekali buat kesehatan si Bayi Teman.


@BlogS of Hariyanto
Iya Om, ASI sungguh sangat luar biasa manfaatnya.

Subhanallah betapa luar biasanya ASI, bahkan saat sang ibu terinfeksi HIV pun masih bisa jd 'menjaga' kesehatan sang bayi

Terima kasih telah berbagi pengetahuan kesehatannya sahabat

yang alami lebih sehat kang#smile

@Ririe Khayan
Ini yang membuat artikel ini kami share ulang Mbak Rie, agar para ibu yang terinfeksi HIV jangan takut untuk menyusui anaknya.

@Ferry Irawan
Ups Si empunya artikel kesehatan Mampir, Makasih teman


@cak oni
Lebih sehat dan maknyos tentunya teman

sungguh syang sobat saya tidak bisa merasakan ASI dari ibu saya karena waktu dilahirkan Ibu saya sekarat sobat. Tapi walaupun begitu saya masih bersyukur bisa berkumpul dengan ibu sobat...

susu ibu pemakanan terbaik untuk baby..

@Asis Sugianto
Kami turut Prihatin teman, Bersyukur bisa ngumpul adalah suatu rahmat teman.


@KY
Asupan baik dari yang terbaik KY.

Postingan yg bagus, untuk membuka pengetahuan tetang HIV. karena banyak yang berfikir selama ini ibu yg terinfeksi HIV dengan menyusui bayi, akan menularkan virus HIV melalui air susu ibunya.

@Megawati Achmad
Benar sekali Mbak, ASI memang Asupan buat bayi terbaik dari yang baik

asi memang joss tak tergantikan

@Agus Setya
Maknyos lagi