Older Post Newer Post

Foto KRI Klewang Kapal Perang Berteknologi Siluman TNI AL

KRI-Klewang-Kapal-Perang-Siluman-TNI
Laurencius, Foto KRI Klewang Kapal Perang Berteknologi Siluman TNI AL. Kemampuan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kini makin bertambah seiring dengan diluncurkannya sebuah kapal perang baru dan canggih berpeluru kendali KRI Klewang-625 produksi galangan kapal dalam negeri jenis “X3K Trimaran Class” (kapal berlunas tiga) oleh Wakil Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Waaslog Kasal) Laksamana Pertama TNI Sayid Anwar, Jumat (31/8), di Banyuwangi, Jawa Timur.

KRI Klewang-625 merupakan kapal perang TNI AL tipe Kapal Cepat Rudal (KCR) yang dipersenjatai rudal C-705 dengan daya jelajah 120 km, dilengkapi sistem Sewaco modern, diproyeksikan akan menjadi kekuatan pemukul TNI AL yang handal dan menakutkan di laut, karena mampu menginduksi panas dan sulit dideteksi radar lawan.

KRI-Klewang-Kapal-Perang-Siluman-TNI_1

Diberi nama KRI Klewang yang berarti pedang bermata tunggal tradisional Indonesia berasal dari Pulau Madura. Kapal ini mengabungkan sejumlah kecanggihan teknologi menjadi kapal yang unik, berlunas tiga atau trimaran di mana keseluruhan elemen strukturalnya berbahan dasar infus vinylester carbon fiber.

KRI-Klewang-Kapal-Perang-Siluman-TNI_2

Kapal memiliki panjang 63 meter, kecepatan maksimal 35 knot, bobot 53,1 GT, serta mesin utama 4x marine engines MAN nominal 1.800 PK. Anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 114 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sejak tahun 2009 hingga 2011.

KRI-Klewang-Kapal-Perang-Siluman-TNI_4
KRI-Klewang-Kapal-Perang-Siluman-TNI_3
Kapal ini dibuat dengan teknologi tinggi berbahan serat optik, dipersenjatai peluru kendali dengan jarak tembak hingga 120 kilometer. "Di dunia, kapal seperti ini baru dibuat di Amerika dan Indonesia," kata Sayyid Anwar, Jumat, 31 Agustus 2012.

Kapal ini sendiri baru selesai 90 persen dan dalam proses ditarik dari galangan ke perairan Selat Bali. Pengisian kelengkapan kapal akan dilakukan di Pangkalan TNI AL Banyuwangi.

KRI-Klewang-Kapal-Perang-Siluman-TNI_5



Pemilik PT Lundin Industry Invest, Jhon Lundin, menyatakan terima kasih atas kepercayaan TNI AL kepada perusahaannya untuk membuat KCR Trimaran ini. "Kapal ini merupakan teknologi baru di Indonesia," kata dia. Bahkan di Asia, kata dia, aplikasi teknologi di kapal ini merupakan yang Pertama di Asia.

John bercerita awal mula ide kapal ini berasal dari mantan KSAL Slamet Subiyanto pada 2005 lalu. Saat itu, kata dia, Slamet ingin membuat kapal dengan Teknologi Masa depan yang dapat dikerjakan oleh perusahaan dalam negeri.

Diharapkan untuk masa ke depannya dengan adanya kapal yang sarat dengan teknologi canggih ini keamanan Lautan negara RI semakin baik kedepannya.
 

Jika suka Foto KRI Klewang Kapal Perang Berteknologi Siluman TNI AL, dan ingin berlangganan gratis via email artikel seperti Foto KRI Klewang Kapal Perang Berteknologi Siluman TNI AL, silahkan klik disini atau masukkan email di kolom tersedia, dengan begitu Anda mendapat kiriman artikel yang terbit di Laurencius
feed
Share this article :

5 comments

kalo indonesia punya yang ginian pasti bakal makmur kang#smile

@cak oni
Paling tidak wilayah kelautannya aman teman.

Sedih kapal Kri Klewang tinggal kenangan di sabotage agen asing hingga terbakar habis

© 2012 Laurencius - About - Partner - Contact Me - Privacy Policy - Alexa - DMCA - RSS Proudly powered by Blogger