January 26, 2014

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Musim-Hujan
Kalau sudah masuk musim penghujan seperti sekarang ini, biasanya daya tahan tubuh sangat rentan terkena penyakit. Jika kita tidak berhati-hati menjaga kesehatan, kita bisa terserang flu, demam, batuk ataupun penyakit lain yang sering muncul di musim hujan.

Oleh karena itu sebaiknya kita mulai extra hati-hati menjaga kesehatan tubuh, jangan sampai aktivitas dan pekerjaan terganggu karena sudah terkena penyakit. Berikut ini beberapa Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan.

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan :

1. Minum Air
Musim hujan udara akan lebih dingin dan banyak orang malas minum. Ini membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi. Padahal, tubuh yang memiliki pasokan air cukup akan menambah daya tahan tubuh. Biasakan selalu minum air putih yang cukup, simak artikel Manfaat Harus Cukup Minum Air Putih.

2. Segera Mandi dan Keramas Bila Kehujanan
Air hujan tidak selalu bersih karena banyak mengandung partikel-partikel polusi. Segera mandi dan keramas jika kehujanan, jangan biarkan baju yang terkena air hujan sampai kering dibadan, segeralah mandi dan keramas.

3. Sediakan Minuman Hangat
Tubuh yang sering kedinginan membuat daya tahan menurun. Sebaiknya sediakan beberapa bahan untuk membuat minuman hangat. Minuman yang dapat membantu menjaga suhu tubuh tetap hangat. Seperti wedang jahe hangat atau apapun minuman hangat yang disuka. Jahe adalah salah satu Makanan Alami Obat Atasi Infeksi Tubuh

4. Selalu Cuci Tangan dan Sikat Gigi
Biasakan mencuci tangan jika sampai di rumah setelah bepergian, begitu juga sebelum makan dan sesudah memakai toilet selalu cuci tangan. Jangan lupa juga untuk sikat gigi sebelum tidur.

5. Jaga Asupan Makanan Sehat
Tetap jaga asupan makanan bergizi selama musim hujan. Ada baiknya sering mengonsumsi makanan berkuah hangat, misalnya saja sup kuah, soto ayam atau sayuran dengan kuah hangat. Selain bergizi, makanan tersebut akan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

6. Hindari Begadang
Sebisa mungkin tidur tepat waktu. Tidur akan mengembalikan kondisi tubuh dan memulihkan stamina. Tidur juga akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Pastikan memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat di malam hari. Untuk bisa tidur ikuti Tips Alami Agar Mudah Tidur Sehat dan Berkualitas.

7. Olah Raga
Luangkan waktu sedikit untuk melakukan olah raga agar tubuh tetp bugar. Tidak perlu melakukan olah raga berat, bisa dengan cara berjalan kaki, lari pagi atau melakukan senam ringan di rumah untuk menjaga kebugaran tubuh. Karena tubuh  bugar tidak akan mudah terserang virus penyakit. Manfaat Olahraga Jalan Kaki Bisa Usir Stres.

Semoga Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan ini bermanfaat buat kita semua.

Related Posts

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan
4/ 5
Oleh :

20 comments

Sip mas tipsnya, bermanfaat sekali. karena sekarang memang sedang musim hujan ya.. kalau Minum air emang menyehatkan, Tapi sering buang air kecil terus.

Tips yang amat bermanfaat bagi para pembaca di tanah air. Saat ini sedang berlangsung musim penghujan. Biasanya kita rentan dengan batuk, pilek, demam, dan sebagainya. Sedia payung sebelum hujan. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Alangkah beruntungnya bagi mereka yang masih aktif berolahraga pernafasan seperti Satria Nusantara. Dengan olahraga pernafasan secara rutin dan terukur, maka tubuh akan tetap fit dan bugar. Salam cemerlang!

Ga apa=apa Mas, sering buang air kecil karena tidak berkeringat

Mas Herdoni anak SN ya?

tips yang sangat bagus nih,Terimakasih sob telah berbagi...................

Semoga kita sehat Kang Dede

begadangnya ini yg susah diilangin...

walaupun musim hujan, kesihatan perlu dijaga.. bagus semua tips ini..

banyak kehujanan biasanya sering bikin sakit

Boleh juga nih tipsnya gan sangat membantu

Kalau dilakukan secara bertahap Insya Allah bisa teman

Semoga manfaat Mizz Aiza

Iya Kang Joe, lagi musimnya

Semoga bermanfaat teman

iya kalau musim ujan gini jadi bikin meriang ya mas, jadi harus selalu jaga kondisi tubuh agar bisa sehat wal afiat :)

Biar tetap bisa aktifitas Mbak

tips No. 8
jangan pernah kuras saldo di rekening.. karena biasanya duit yang bikin fisik dan mental selalu bugar :D

Hee.....heee...., ok punya tuh Bro

Bagus Tips nya..

Terimakasih Mbak