February 8, 2013

Tips Pengobatan Penyakit Demam Berdarah (DBD)

Pengobatan-Penyakit-Demam-Berdarah
Tips Pengobatan Penyakit Demam Berdarah (DBD). Setelah kita mengerti apa itu Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) serta apa saja Tanda dan Gejala Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), kini kita masuk pada tahap berikutnya Pengobatan Penyakit Penyakit Demam Berdarah.

Tujuan utama pengobatan demam berdarah adalah mengatasi perdarahan, mengatasi atau mencegah keadaan syok yaitu dengan cara penderita meminum banyak air sekitar 1,5 sampai 2 liter air dalam waktu 24 jam (air dan gula, sirup, susu sama saja).

Untuk mencegah dehidrasi dan hemokonsentrasi yang berlebih mungkin diperlukan penambahan cairan tubuh melalui infus. Apabila platelet menurun drastis maka dilakukan tranfusi platelet.


Kemudian berikanlah obat-obatan terhadap keluhan yang timbul seperti dibawah ini.

Tips Pengobatan Penyakit Demam Berdarah :
  • Gunakan Obat Penurun Demam dengan Paracetamol 
  • Jika disertai diare gunakan garam elektrolit.
  • Untuk mencegah infeksi sekunder gunakan antibiotik.
  • Juga bisa melakukan kompres, lakukanlah kompres tanpa menggunakan es karena bisa berdampak pada syok. Saran dari para tim medis adalah kompres dilakukan dengan alkohol.
  • Pengobatan alternatif, dapat dilakukan dengan menggunakan jambu biji. Jambu biji dapat meningkatkan nilai trombosit darah dan mengembalikan cairan intravena. Sebenarnya sudah lama jambu biji terkenal sebagai obat tradisional.
Penderita demam berdarah tidak mempunyai pantangan dalam hal makanan. Anjuran yang baik untuk penderita demam berdarah adalah perbanyak mengkonsumsi buah-buahan, terutama jambu biji untuk memperbaiki trombosit.

Selain itu jangan lupa untuk Minum Air Putih yang cukup dan banyak makan makanan yang bergizi agar cepat sembuh. Kalau sakit berlanjut atau akut lebih disarankan untuk opname agar selalu dibawah pengawasan dokter ahli. Semoga kita terhindar dari penyakit Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) ini.

Related Posts

Tips Pengobatan Penyakit Demam Berdarah (DBD)
4/ 5
Oleh :

6 comments

Biasanya saya cuman minum buah vita rasa jambu biji
soalnya rada sudah untuk cari jambu biji di kota saya :)
untuk pertolongan pertama

@Megawati Achmad
Sama aja Wati, namun lebih baiknya kalau Jus Jambu biji itu kita sendiri yang membuat nya. Salam

gan guwe kena dbd nih apa yah buah yang bagus....Mohon pencerahanya ya...

@Eka
Jus Jambu Biji teman, Semoga cepat sembuh

apakah penderita demam berdarah tidak boleh kena air?

Tidak boleh kena air yang bagaimana maksudnya Teman