February 5, 2013

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Aedes Aegypti-Demam-berdarah-Dengue
Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Selain Penyakit Malaria Demam Berdarah adalah termasuk penyakit yang ditularkan oleh sebangsa nyamuk.

Demam Berdarah lebih tepatnya disebut dengan Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit infeksi yang sangat berbahaya bila tidak segera mendapat penanganan dan pengobatan karena bisa menyebabkan kematian dalam waktu yang relatif sangat singkat.

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang tergolong sebagai sejenis virus arbovirus yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk.

Penyakit demam berdarah tidak menular melalui kontak manusia melainkan menular melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti betina. Nyamuk jenis ini menyimpan virus dengue di dalam telurnya yang selanjutnya virus tersebut bisa ditularkan ke orang melalui gigitannya.

Di daerah tropis seperti Asia Tenggara, India, Brazil, Amerika, termasuk di seluruh Indonesia banyak ditemukan penyakit ini, tetapi penyakit ini jarang ditemukan di tempat-tempat yang ketinggiannya lebih dari 1000 meter di atas permukaan air laut.

Adanya kesalahan dalam pendiagnosaan terhadap penyakit ini seringkali dikarenakan kecenderungan gejala awal yang menyerupai penyakit lain seperti Flu dan Tipes.

Apabila ada seseorang yang terjangkit demam berdarah, sebaiknya berikan mereka cairan sebanyak-banyaknya, bawalah ke puskesmas terdekat dan untuk menghindari yang lain terjangkit sebaiknya hindarkan pasien atau orang yang terjangkit dari nyamuk.

Waktu dari berlangsungnya penyakit ini hingga 10 hari dan untuk pemulihannya sendiri dapat memakan waktu 1 minggu hingga 4 minggu.

Related Posts

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)
4/ 5
Oleh :

1 comments:

@limitpost
Air putih baik buat segala penyakit teman..