April 8, 2012

Memahami Fungsi Dasar Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools
Memahami Fungsi Dasar Google Webmaster Tools. Siapapun pemilik Blog atau situs kata Google Webmaster Tools pasti sudah tidak asing lagi. Bagi para web master atau pemilik blog/web pasti sudah memahami.

Tapi sebenarnya apasih fungsi dasar dari Google Webmaster Tools? Serta Seberapa penting Google Webmaster Tools ini bagi blog/web ?

Sebagai gambaran awal Webmaster Tool merupakan sebuah tool yang disediakan oleh sebuah mesin pencari untuk mempermudah proses peng-indeks-an dari konten blog/web.

Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi dari Google Webmaster Tool ini, silahkan simak terus artikel kami berikut. Melihat fungsi dari Google Webmaster Tools itu sendiri sebenarnya sangat banyak fungsinya, diantaranya adalah:
  1. Google webmaster tools berfungsi untuk mendaftarkan website ke Google
  2. Google webmaster tools berfungsi untuk Memilih geolocation
  3. Google webmaster tools berfungsi untuk Melihat backlink
  4. Google webmaster tools berfungsi untuk Melihat popular link
  5. Google webmaster tools berfungsi untuk Melihat site analytic 
  6. Dan masih banyak lagi fungsi dari Google webmaster tools ini
Namun dari sekian banyak fungsinya yang paling ringkas adalah untuk memaksimalkan proses pengindeksan blog terhadap Mesin Pencari (search engine).

Jika ingin blog Kita mau terdapat dalam halaman pencarian search engine (google), Kita harus “singgah” ke Google Webmaster Tools ini.

Memang benar, secara alami pihak google pasti “datang” ke situs/blog Kita melalui perantara google bot. Akan tetapi, dengan bantuan Google Webmaster Tools ini, akan semakin mempermudah proses peng-indeks-an.

Sebagai contoh, Pernahkah Kita melihat suatu blog/website memiliki halaman yang berlimpah? maksudnya seperti:
Home Page -> Archives -> Categories -> Articles -> dst.
Dimana halaman articles tersebut tidak memiliki link di halaman home. Hal ini akan mempersulit google bot untuk membaca (Crawling) konten apa saja yang ada dalam suatu situs/blog. Nah inilah peran penting Google Webmaster Tools (terutama tool “Google Sitemap” yang disisipkan di dalamnya).

Selain contoh diatas, dapat juga mengoptimalisasi SEO blog Kita. Salah satu hal yang sangat berguna adalah adanya fitur Sitemap blog, dengan adanya Sitemap maka Google Bot (robot Google) akan lebih cepat melakukan pekerjaannya untuk mengindeks sebuah blog.

Demikian tulisan Memahami Fungsi Dasar Google Webmaster Tools ini. Semoga bermanfaat dan Kita dapat meng-Optimalkan SEO untuk blog Kita dan semakin cepat terindeks di Google.

Related Posts

Memahami Fungsi Dasar Google Webmaster Tools
4/ 5
Oleh :

8 comments

Home Page -> Archives -> Categories -> Articles -> dst.

yang ini Breadcrumb kan namanya sobat???Kebetulan saya sudah memasangnnya di blog sy dan alhasil sangat mempengaruhi SEO blog sy sobat...

Penggunaan Breadcrumb pada blog sanggat baik untuk untuk blog Teman.

aku malah gak dong mas yang masalah gituan

nah untuk itu sy baru mencoba menggunaknnya sobat, tapi baru satu label yang ternindeks oleh google sobat...

@deby putra bahrodin
Lagi belajar Kang. Salam


@Asis Sugianto
Sukses terus ya Kang. Salam

kalau penggunaan breadcrumb tidak mesti yang seo friendly seperti konten yang disediakan sama oleh master2 seo bisa terindek gak ? terima kash

@Alfiandar Darma
Terindeks aja teman, permasalahan utamanya rebutan di halaman pertama dari hasil pencarian aja.

Masih bingung yang ini duh duh. Kalau via social media gitu gimana?