October 27, 2013

Bahaya Kuman Gigi Bisa berakibat Fatal

kesehatan-gigi
Beberapa penyakit kronis bisa berawal dari adanya kuman pada gigi. Sebagian besar penyakit pada gusi umumnya disebabkan oleh kebersihan gigi yang buruk, karena malas untuk membersihkannya.

Infeksi lanjutan pada gusi bisa menyebabkan gusi meradang atau terjadi Penyakit Gingivitas, membentuk kantong nanah, dan membentuk plak lebih banyak. Kuman-kuman dari kantong nanah ini bisa menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Akibat yang ditimbulkan dari peredaran kuman tersebut tergantung pada organmana tempat kuman tersebut. Jika kuman terbawa aliran darah ke tubuh bagian bawah, bisa berakibat pada jantung dan ginjal terganggu. Demikian juga jika kuman terbawa ke tubuh bagian atas, kuman bisa nyangkut di selaput yang menyelimuti otak sehingga mengakibatkan penyakit meningitis.

Meski jarang terjadi namun beberapa penelitian telah membuktikan kaitan antara kesehatan gigi dan mulut dengan timbulnya penyakit-penyakit kronis, simak artikel Pengertian Tentang Akut dan Kronis.

Penambalan segera mungkin pada gigi yang berlubang atau pun pembersihan plak secara rutin pada dokter gigi, bertujuan untuk menghentikan kerja bakteri menemukan jalan ke pembuluh darah. sementara pada gusi segera periksa bila gusi bengkak.

Bengkaknya gusi menandakan adanya infeksi di lokal area gigi dan gusi. Kendati begitu, lamanya infeksi bergantung ketahanan, toleransi, dan asupan gizi setiap orang. Semakin lama berlangsung dibiarkan maka infeksi berjalan makin cepat. Jangan pernah sepelekan adanya penyakit pada gigi dapat berakibat fatal.

Related Posts

Bahaya Kuman Gigi Bisa berakibat Fatal
4/ 5
Oleh :

2 comments

baru tau kang fatalnya kuman gigi

Kita sering mengabaikannya....