October 20, 2013

Penyakit Gingivitas atau Peradangan Pada Gusi

gingivitis-radang-gusi
Gingivitas adalah penyakit peradangan pada gusi (gingiva), penyakit ini sering terjadi dan bisa timbul kapan saja setelah tumbuhnya gigi.

Gingivitis secara terminologi terdiri dari 'gingiva' yang berarti gusi dan 'itis' berarti radang, sehingga definisi gingivitis adalah penyakit radang pada gusi akibat dari infeksi bakteri.

Pada awalnya, bakteri yang mendominasi adalah organisme streptokokus gram positif. Kemudian setelah periode 3 minggu, jenis (spesies) batang gram positif khususnya Actinomyces, organisme gram negatif seperti Fusobacterium, Veillonella dan organisme-organisme spirochaetal termasuk Treponema berkoloni menempati kantong gusi.

Gingivitis merupakan salah satu penyakit periodontal. Penyakit periodontal melibatkan peradangan dan infeksi yang menghancurkan jaringan yang mendukung gigi, termasuk gusi, ligamen periodontal, dan kantong gigi (tulang alveolar).

Penyebab paling umum dari gingivitis adalah kebersihan mulut yang buruk. Menyikat gigi dan penggunaan dental floss (benang gigi) setiap hari dapat membantu mencegah radang gusi.

Related Posts

Penyakit Gingivitas atau Peradangan Pada Gusi
4/ 5
Oleh :