April 27, 2013

Beberapa Tips Menghilangkan Stres di Kantor

Beberapa Tips Menghilangkan Stres di Kantor. Beban pekerjaan dan banyaknya masalah di kantor sering membuat kita dilanda stres. Semua itu dapat diatasi dengan beberapa tips cara menghilangkan stres di kantor.

Tips-Menghilangkan-Stres-di-Kantor

Bagi yang punya pekerjaan yang rentan menyebabkan stres, penting untuk mengetahui teknik sederhana yang tepat demi menghindarkan diri dari stres yang tidak diinginkan dan bisa kembali fokus.

Beberapa Tips Menghilangkan Stres di Kantor :
 
1. Tarik Napas dan Lepaskan.
Metode ini berlaku efektif untuk orang-orang dengan kecemasan dan tingkat stres yang tinggi. Dalam latihan ini, kita harus bernapas dalam-dalam selama 5 hitungan, tahan napas selama 4 hitungan dan hembuskan selama 6 hitungan. Namun, latihan pernapasan ini tidak dianjurkan untuk orang yang bermasalah jantung.


2. Bernapas dalam Relaksasi.
Teknik ini melibatkan proses mengambil napas dalam-dalam dari bagian bawah perut kita (Kita bisa merasakan udara melalui paru-paru dan perut), dan biarkan keluar hidung dalam hitungan 5 detik. Ini adalah latihan pernapasan yang sangat efektif agar santai ketika kita merasa kram atau sakit yang biasanya berhubungan dengan posisi duduk.


3. Menggerakkan tubuh
Sesekali kita beranjak dari kursi kerja, kemudian berjalan dan menggerakkan badan sebentar (simak Manfaat Olahraga Jalan Kaki Bisa Usir Stres). Apabila memungkinkan, harus keluar dari kantor untuk merasakan udara segar dan sinar matahari yang cerah. Dengan bergerak, otot yang tadinya kaku akan mencadi lebih rileks. Hal tersebut sangat membantu menghilangkan stres.


4. Tertawa
Ternyata tertawa dapat merangsang hormon endorfin atau lebih populer dengan sebutan hormon bahagia. Dengan sedikit tertawa, semua beban akan serasa lebih ringan. Bercanda dengan rekan kerja, membaca cerita lucu, film lucu atau terkadang iseng dengan teman.


5. Mengkategorikan Pekerjaan.
Kerjakan tugas lebih awal yang menurut kita berat dan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pengerjaannya. Karena ketika masih pagi, kemampuan otak dalam berpikir dalam keadaan optimal.

6. Hindari Rekan Kerja yang Stres.
Mungkin kita tidak menyadarinya, tetapi fisiologi kita diprogram sebagai cermin fisiologi orang di sekitar kita. Dengan kata lain, kita dapat menangkap stres yang dialami oleh orang lain dan juga ikut merasakannya [Health]

Related Posts

Beberapa Tips Menghilangkan Stres di Kantor
4/ 5
Oleh :

1 comments:

tertawa itu yang sering saya lakukan kang :D