February 7, 2013

Pengertian Tentang Akut dan Kronis

Pengertian-Akut-dan-Kronis
Pengertian Tentang Akut dan Kronis. Menyangkut perihal seberapa berat atau seberapa parahnya suatu  penyakit kita sering menggunakan istilah Akut ataupun Kronis, namun terkadang kita salah dalam pengertiannya.

Kali ini Laurencius mencoba mengupas sekilas pengertian tentang Akut ataupun Kronis yang sering digunakan untuk menggambarkan situasi dan kondisi suatu penyakit yang sedang diidap seseorang.
 
Pengertian Tentang Akut dan Kronis :
  • Akut
Istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi atau penyakit yang terjadi tiba-tiba, dalam waktu singkat, dan biasanya menunjukkan gangguan yang serius, untuk menggambarkan tingkat nyeri (rasa sakit).

Istilah akut digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang hebat dan tajam. Demikian juga untuk perdarahan akut, menandakan perdarahan yang terjadi cepat dan tiba-tiba dan biasanya merupakan kondisi yang serius yang memerlukan pertolongan medis dengan segera. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, akut ialah: timbul secara mendadak dan cepat memburuk.

  • Kronis
Kronis berasal dari kata chronic yang ditulis di kolom wikipedia, bahwa chronic is a persistent and lasting disease or medical condition, or one that has developed slowly. Jadi definisi kronis dalam arti medis itu adalah suatu penyakit yang diderita dalam waktu yang sudah cukup lama, menahun dan namun belum juga sembuh-sembuh.

Kronis biasanya digunakan untuk sakit yang sudah cukup lama atau menahun, sementara akut digunakan untuk sakit yang datangnya secara tiba-tiba namun cukup parah, dan perlu dengan segera penanganan medis.


Mudah-mudahan setelah kita mengetahui sekilas Pengertian Tentang Akut dan Kronis, kita tidak salah lagi dalam penggunaannya. Semoga Manfaat.

Related Posts

Pengertian Tentang Akut dan Kronis
4/ 5
Oleh :

3 comments

nice info kang :D moga bermanfaat ilmunya

@cak oni
Makasih Sob

thanks bro :)