February 5, 2013

Foto Prototipe Kereta Monorel UTM-125 Buatan Dalam Negeri

Foto Prototipe Kereta Monorel UTM-125 Buatan Dalam Negeri. Satu lagi Kereta monorel karya anak bangsa diluncurkan selain KRI Klewang Kapal Perang Berteknologi Siluman TNI AL dan Sea Ghost Project.

Foto-Prototipe-Kereta-Monorel-UTM-125

Prototipe dari kereta monorel produk PT Melu Bangun Wiweka, Tambun, Bekasi, Jawa Barat, diperkenalkan kepada awak media  04/02.

Prototipe monorel ini mampu menarik enam rangkaian ini, dapat mengangkut hingga 130 penumpang, dengan biaya pembuatannya lebih murah 75 persen dibanding dengan monorel produk luar negeri.

Foto-Prototipe-Kereta-Monorel-UTM-125_1
Foto-Prototipe-Kereta-Monorel-UTM-125_3Foto-Prototipe-Kereta-Monorel-UTM-125_2Pakar Teknik Konstruksi dan Mesin dari Universitas Indonesia Kusnan Nuryadi memberi nama monorel buatannya sebutan Urban Transit Monorail (UTM-125).

Foto-Prototipe-Kereta-Monorel-UTM-125_4
Foto-Prototipe-Kereta-Monorel-UTM-125_5

Satu gerbong panjang 13.2 meter gerbong penumpang tengah sepanjang 12 meter, dengan jarak antar gerbong 0.7 meter. Di dalam gerbong disiapkan 22 kursi duduk dan pegangan tangan untuk penumpang berdiri.

Monorel ini memiliki dua pintu penumpang dan satu pintu darurat di moncong kereta. Pintu darurat digunakan jika terjadi sesuatu dalam perjalan. Penumpang bisa langsung pindah ke monorel bantuan datang melalui pintu darurat, tanpa turun dari monorel.

Driver di kabin bisa mengontrol laju kereta secara manual atau otomatis. Monorel ini memiliki daya motor penggerak 260 kilo watt atau setara 350 tenaga kuda. 


Teknologi roda peluncur mirip ban truk, dua bagian roda ini dipasang tepat di bawah gerbong kereta. 12 roda ban penyeimbang dipasang di samping dan mengapit erat trek lintasan. Ukuran roda penyeimbang lebih kecil dibanding roda peluncur, dengan jumlah enam ban di masing-masing sisi kanan dan kiri.

Related Posts

Foto Prototipe Kereta Monorel UTM-125 Buatan Dalam Negeri
4/ 5
Oleh :

2 comments