December 14, 2012

Posisi Artikel Terhadap SERP - Optimasi SEO Blog

Google-SERP
Posisi Artikel Terhadap SERP - Optimasi SEO Blog. Melanjutkan artikel Posisi Konten Terhadap SEO, kali ini kami share Posisi Artikel Terhadap SERP itu sendiri.

Semakin Besar Jumlah artikel suatu website, maka posisi SERP nya juga akan terdongkrak. Ada benarnya, melalui tulisan ini kami mencoba memberikan sekilas paparan Posisi Artikel Terhadap SERP - Optimasi SEO Blog.

Dua buah blog salah satu nya blog Laurencius ini, dan satu nya lagi kita sebut saja dengan nama Blog Penjahat. Kedua blog ini memiliki Jumlah Artikel yang sangat berbeda. Blog Laurencius memiliki sekitar 30 Artikel, sedangkan untuk Blog Penjahat tersebut sudah mempunyai Artikel sebanyak kira-kira 3.000 lebih.

Pada kedua blog diatas, terlihat sangat jelas perbedaan dari segi jumlah Artikel, Semakin besar jumlah Artikel, maka ukuran (size) blog juga akan semakin besar. Ini artinya blog L lebih kecil daripada blog P.

Ukuran yang berbeda inilah yang membedakan cara Search Engine melihat ke dua website tersebut. Semakin besar ukuran blog, maka semakin mudah ia bersaing untuk keyword dengan kompetitor yang lain.

Sebaliknya, ukuran blog yang kecil akan sangat sulit bersaing untuk keyword tertentu. Oleh karena itu, blog ukuran kecil biasanya memanfaatkan keyword panjang (long-tail) untuk mampu bersaing di serp.

Untuk bersaing blog L akan sangat sulit karena ukuran Artikel nya yang kecil. Untuk menyiasati hal ini biasanya blog L menggunakan keyword panjang seperti "Foto Kolam Renang Terbesar Di Dunia - The Crystal Lagoons di San Alfonso del Mar Resort Chile" untuk bersaing di serp. Alhasil si kecil atau si L bisa mengungguli si P atau si Blog Penjahat.

Melihat hal diatas mungkin akan muncul pertanyaan, mengapa blog yang kaya Artikel sangat mudah bersaing untuk kata kunci yang kompetitif? Alasan utamanya adalah, google sebagai mesin pencari menganggap bahwa situs dengan Jumlah Artikel yang besar merupakan situs yang sudah berumur dan kaya akan Artikel.

Situs yang kaya Artikel dianggap sebagai situs yang berpengalaman dan berguna bagi para pengunjung. Oleh karena itu mesin pencari lebih mendahulukan situs-situs yang kaya akan Artikel.

Ini menjadi sebuah pembelajaran bahwa blog dengan sedikit Artikel perlu lebih fokus untuk menambah jumlah Artikelnya agar Optimasi SEO yang dilakukan tidak menjadi sia-sia.

Demikian Artikel Posisi Artikel Terhadap SERP - Optimasi SEO Blog. bila ada kesalahan mohon diralat, karena ini sekedar opini dan hasil yang kami telaah dilapangan.

Related Posts

Posisi Artikel Terhadap SERP - Optimasi SEO Blog
4/ 5
Oleh :

26 comments

Ternyata berpengaruh juga yah sahabat banyak sedikitnya artikel.
Saya juga sedang belajar mengaplikasikan pengetahuan SEO untuk mengikuti kontes. Masih jauh dari peserta kontes lainnya dalam jumlah klik G+1 dan vote serta posisi di google com. Tetapi tetap berusaha sebelum masa akhir tanggal 24 bulan ini.

Terima kasih atas sharenya sobat. Ternyata sahabat blogger peserta lainnya bila melihat jumlah postingan artikelnya sudah banyak pula

artikel yg menarik, menambah wawasan saya, thanks

betul banget tu kang :D , ,emang kita harus membuat blog kita menjadi blog terkenel D ,biar dipandang google

Anonymous delete 15:58

waduh artikel saya dikit mas ~_~

jadi masih kalah dong ~_~

@Ferry Nurse
Kalau tidak salah Kontes nya "iPhone 5 Gadget Impian" ya Teman.
Memang kalau kontes ada resikonya, tapi cukup bagus koq Teman.


@Mas Tosu
Makasih Teman

@cak oni
Sebagian besar tujuannya seperti itu Cak Oni


@limitpost
Lebih semangat lagi teman

Anonymous delete 17:06

pembahasan yang sangat bermanfaat

@pemula.info
Makasih teman

setuju sob,semakin banyak artikel akan mendongkrak posisi serp sebuah blog pada google.
tapi perlu di ingat juga google tidak menyukai blog dengan konten copas,jadi perlu hati2 untuk memperbanyak artikel,sebaiknya karya sendiri ataupun jika mau copas menyertakan sumbernya jadi tidak menurunkan posisi serp pada google.

salam blogger sob,follow yg ke 75 sukses

@Reo Adam
Makasih sob masukannya

bener juga sih kalo dipikir2 :p

bl;og q dah lama tapi kok artikelna dikit yak :D

@mohamad rivai
Itu hanya Opini Teman

Anonymous delete 10:56

wah ane masih bingung masalah seo gan..:) nyimak aja ya gan..:)

@blog-supercoolzz
Makasih Sob

wah penting nih buat blogger kayak kita :D izin

@Mukhlis Bersama
Silahkan Teman

Anonymous delete 23:11

Wah, berat nih kl udh urusan SEO, mpe skrg ttp aja bingung ttg SEO, tp dr artikel ini cukup mmberi pencerahan krn diulas dg bahasa yg mudah dicerna, nice share... :)

@indonesiamovietrailer
Makasih Sob, sukses ya

Anonymous delete 18:25

Trims... sulit sekali kalo ngejar jumlah artikel blog senior. tapi penjelasan tentang keyword panjang lumayan membuat optimis. Nuhun pak.

@id-codecharge
Sami-sami

terima kasih mas penjelasannya, sy baru pertama kali coba ikutan kontes SEO dari awal mulai ngebblog bulai Mei 2013. Saya perhatikan sejumlah kontestan yg kayaknya master SEO ya, posisinya nangkring terus di nomor 1, dan paling banter mundur jd urutan 3 masih di halaman 1. Kalau sy lihat artikel kontestan yg master SEO ini dikit sekali, bisa dihitung dengan jari, kl ga salah ga lebih dari 10 artikel Bahkan ada beberapa peserta yg cuma sekitar 5 artikel tp kok bisa ya di posisinya bagus di SERP. Mohon pencerahannya lg. terima kasih

@kartina ika sari
"Semakin Besar Jumlah artikel suatu website, maka posisi SERP nya juga akan terdongkrak" itu adalah salah satu solusi memperbaiki SERP Mbak Kartina.

Tapi masih banyak lagi Mbak faktor lainnya antaralain Backlink yang baik serta SEO template itu sendiri.

Semoga Manfaat.

Cara ini kayaknya harus saya coba dech, soalnya setengah posting aritikel saya hilang dari serp.
Mudah2an cara ini bisa mengembalikan kesemula dan terindek lagi di serp.
Good articel and very nice, terima kasih sudah berbagi.

Makasih Mas Adjat Sudradjat sudah berkunjung ke blog kami. Salam

Ikut hadir aja ya sob :)
saya sudah membaca artikel-artikel dan ada beberapa trik yg saya ikuti di blog ini.
Salam sukses !

Makasih Sobat