December 19, 2012

Foto Sea Ghost Project: Kapal Tanpa Awak UI dan TNI

Foto Sea Ghost Project: Kapal Tanpa Awak UI dan TNI. Masih ingat dengan Kapal Perang KRI Klewang Berteknologi Siluman TNI AL, ini ada lagi kapal dengan mengusung Technology canggih kapal robot tanpa awak.

Foto-Sea-Ghost-Project_1
Sea Ghost Project merupakan sebuah proyek kapal robot tanpa awak yang digarap oleh Universitas Indonesia dan Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) untuk pertahanan Indonesia.
 
Foto-Sea-Ghost-Project_3
Foto-Sea-Ghost-Project_2

Perkembangan technology kendaraan perang tanpa awak atau unmanned vehicle ini semakin meningkat. Selain lebih hemat, kendaraan tanpa awak ini sangat cocok digunakan untuk misi khusus atau reconnaissance mission maupun misi penyerangan tanpa risiko kehilangan personel.

Foto-Sea-Ghost-Project_4

Sea Ghost Project yang berupa kapal tanpa awak ini dikendalikan melalui komunikasi satelit yang dapat dilakukan untuk misi pengintaian, penyusupan, dan penyerangan. Mabes TNI juga telah menyediakan Pusinflahta untuk melakukan perlawanan jika terjadi serangan dari peretas atau virus.

Foto-Sea-Ghost-Project_6
Foto-Sea-Ghost-Project_5
Foto-Sea-Ghost-Project_7



Prototipe Sea Ghost Project ini diberi nama Makara-02 yang merupakan hasil pengembangan dari Makara-01 yang sebelumnya manjadi andalan untuk lomba di Amerika Serikat. Makara-02 dikendalikan otomatis berdasarkan sensor kamera dan memiliki dimensi 4,94 kaki x 2,96 kaki x 0,73 kaki.

Prototipe Makara-02 ini telah dipamerkan di ajang Indo Defence 2012 di stand TNI yang diselenggarakan di Jakarta International Expo. Tim dari Universitas Indonesia (UI) menurunkan mahasiswa terbaiknya, yakni M Hary Mukti dan Aditya Meisar dari Teknik Perkapalan, Ricky dari Teknik Mesin, Novika Ginanto dan Irfan JP Ellika dari Teknik Elektro dan M Anwar Ma’sum dari Ilmu Komputer.[ANTR.KMP]

Related Posts

Foto Sea Ghost Project: Kapal Tanpa Awak UI dan TNI
4/ 5
Oleh :

7 comments

Anonymous delete 12:02

makin manteb aja nih bikinan indonesia :D

keren dan bagus kang D:

rupanya macam engin motobot je kan?

@limitpost
Semoga semakin bagus ya Sob.........


@cak oni
Makasih Cak Oni

@KY
Memang Prototipe motorbot jet ski KY, hanya tanpa awak.

super sekali sob.. :D

@lukman hakim
Makasih teman