September 17, 2012

Pengobatan untuk Penyakit Sinusitis

Pengobatan-penyakit-sinusitis
Pengobatan untuk Penyakit Sinusitis. Kita sudah mengetahui sekilas perihal apa itu penyakit Sinus, sekarang kita masuk ketahapan pengobatan untuk penyakit tersebut.

Langkah pertamanya yang penting dalam mengelola sinusitis yaitu mengatasi pemicu potensial atau faktor kontribusinya. Untuk mengurangi hambatan akibat sinusitis, dokter mungkin meresepkan semprotan hidung (beberapa mungkin berisi semprotan steroid), tetes hidung, atau obat dekongestan oral. 

Jika kita menderita sinusitis kronis parah, steroid oral mungkin diresepkan untuk mengurangi peradangan, hanya jika obat lain tidak berhasil. Antibiotik akan diresepkan untuk infeksi bakteri yang ditemukan pada sinus antibiotik tidak efektif melawan infeksi virus.

Antihistamin mungkin disarankan untuk pengobatan alergi. Obat anti jamur mungkin diresepkan untuk infeksi sinus akibat jamur. Imunoglobulin (antibodi) dapat diberikan jika kita memiliki kekurangan kekebalan tubuh tertentu.

    • Apakah Perlu Membuat Perubahan Gaya Hidup?
Tidak dianjurkan untuk merokok, tetapi jika perokok, maka sebaiknya dihentikan selama masa pengobatan sinus. Tidak ada diet khusus yang diperlukan, tetapi minum lebih banyak dapat membantu menipiskan sekresi.

    • Apakah Operasi Sinus Diperlukan?
Lendir dibuat oleh tubuh untuk membasahi dinding sinus. Di dinding sinus, lendir tersebut akan dipindahkan di seluruh lapisan jaringan menuju setiap pembukaan sinus oleh jutaan silia seperti perpanjangan ekstensi rambut dari sel.

Iritasi dan pembengkakan akibat alergi dapat mempersempit pembukaan sinus dan menghalangi gerakan lendir. Jika antibiotik dan obat lain tidak efektif dalam membuka sinus, maka operasi mungkin diperlukan. Dan juga, jika ada kelainan struktural dari sinus seperti polip hidung yang dapat menghambat drainase sinus, maka operasi mungkin diperlukan.

Operasi dapat dilakukan dengan anestesi lokal atau umum menggunakan endoskop. Kebanyakan orang dapat kembali melakukan aktivitas normal dalam waktu lima sampai tujuh hari setelah operasi. Pemulihan total biasanya memakan waktu sekitar empat sampai enam minggu.

Sebuah prosedur yang disebut “turbinectomy” juga dapat dilakukan untuk mengecilkan jaringan yang membengkak dari hidung. Prosedur ini dapat dilakukan di klinik dokter dan hanya membutuhkan waktu sebentar. Anestesi yang digunakan mirip dengan yang digunakan dalam prosedur dokter gigi.

    • Apa yang Terjadi Jika Sinusitis Tidak Diobati?
Menunda pengobatan untuk sinusitis dapat menyebabkan penderita menderita sakit yang tidak perlu dan ketidaknyamanan. Dalam kasus yang sangat jarang, sinusitis yang tidak diobati dapat menyebabkan abses otak atau meningitis dan infeksi tulang.

Related Posts

Pengobatan untuk Penyakit Sinusitis
4/ 5
Oleh :

2 comments

makasih infonya kang#smile

@cak oni
Lagi belajar tentang Penyakit Sinusitis Sob.