September 19, 2012

Manfaat dari Minum Air Putih Buat Kesehatan

manfaat-minum-air-putih
Manfaat dari Minum Air Putih Buat Kesehatan. Permasalahan yang satu ini sering kita menyepelekannya, banyak orang mengabaikan manfaat dari minum air putih. Padahal, manfaatnya sangat baik untuk kesehatan.

Mulai dari menghilangkan rasa haus, meningkatkan metabolisme, membuat merasa kenyang lebih lama (sehingga mencegah untuk makan terlalu banyak), membuat kulit lebih halus karena ketersediaan cairan di dalam tubuh, hingga mencegah hilang konsentrasi.

Selain beberapa point diatas sebenarnya masih banyak manfaat dari minum air putih yang ternyata tidak kita ketahui. Yang pasti, manfaatnya akan langsung terasa dalam kehidupan sehari-hari. Setelah kita mengetahui manfaatnya, pasti kita tidak akan menunda-nunda lagi untuk mengonsumsi air putih setiap saat.


Berikut beberapa Manfaat dari Minum Air Putih Buat Kesehatan:

1. Melindungi Jantung.

Orang yang terbiasa minum air putih lebih dari lima gelas dalam sehari, kemungkinannya untuk meninggal akibat serangan jantung mampu turun 41 persen dibandingkan mereka yang hanya minum kurang dari dua gelas air putih sehari, demikian menurut studi selama enam tahun yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology.

2. Mencegah Risiko Terkena Kanker
Kebiasaan minum air putih dalam jumlah minimal lima gelas sehari juga akan mencegah risiko terkena kanker. Tubuh yang tidak kekurangan cairan dapat mengurangi risiko terkena kanker usus hingga 45 persen, kanker kandung kemih hingga 50 persen, dan kemungkinan juga mengurangi risiko kanker payudara.

3. Mencegah Sakit Kepala.


Siapa yang kuat jika migrain mulai menyerang? Namun sangat dianjurkan sebelum mengonsumsi obat-obatan pereda rasa nyeri, coba diatasi dengan minum air putih.

Menurut para peneliti dari University of Masstricht, Belanda, minum air putih tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang selama ini menderita akibat migrain. Dalam uji coba, mereka yang minum 1,5 liter air sakit kepalanya berkurang 21 jam, demikian pula dengan intensitas rasa sakitnya.

4. Meningkatkan Kemampuan Otak.

Menurut beberapa penelitian, tingkat dehidrasi sebesar satu persen saja dari berat badan sesorang bisa mengurangi fungsi-fungsi Otak.

Otak memang membutuhkan banyak oksigen agar dapat berfungsi optimal. Dengan minum banyak air putih, memastikan bahwa otak telah terpenuhi kebutuhannya. Malahan, minum 8-10 cangkir air putih setiap hari bisa memperbaiki tingkat performa kognitif sebanyak 30 persen.

5. Membuat Tetap
Konsentrasi.
Dehidrasi adalah penyebab utama rasa lelah yang terjadi sepanjang hari. Jika rasa letih yang dirasakan lebih seperti dorongan kuat untuk tidur siang, coba minum segelas air. Minum cukup air putih akan membuat bekerja lebih baik, paling tidak bisa mencegah kita merasa sulit konsentrasi.

Perlu diketahui tingkat dehidrasi sebesar dua persen bisa memicu masalah memori jangka pendek. Kita juga akan mengalami kesulitan fokus pada apa yang sedang di baca di layar komputer.[KMP.H]

Related Posts

Manfaat dari Minum Air Putih Buat Kesehatan
4/ 5
Oleh :

6 comments

wah manfaat air minum begitu banyak yach sobat...

@Asis Sugianto
Salah satu tips kesehatan murah meriah sobat

bener bgt tu sob..? manfaat air puting emang murni melebihi cairan penyegar apapun....?

@Masnady_Bloegreen
Begitu adanya teman, alami jauh lebih baik.

wah ternyata sangat banya ya manfaatnya
sepertinya memang lebih bagus minum ait putih nih

@Info Gadget
Murah dan menyehatkan teman.