June 27, 2012

Manfaat Jantung Pisang Cegah Serangan Jantung, Stroke dan Diabetes

Manfaat-Jantung-Pisang
Manfaat Jantung Pisang Cegah Serangan Jantung, Stroke dan Diabetes. Jantung Pisang adalah kelompok bunga yang ada pada bagian bawah pisang pada saat pisang mulai berbuah

Jantung pisang biasanya dipotong agar tidak menghambat pertumbuhan buah dan mencegah penyakit pada tanaman pisang. Karena itu jantung pisang ini sering dianggap sebagai limbah.

Kita jangan meremehkan manfaat dari jantung pisang ini, jantung pisang memiliki nutrisi sangat tinggi. Tiap 25 gram jantung pisang, mengandung 31 kkal kalori, 7.1 gram karbohidrat, 0.3 gram lemak, dan 1.2 gram protein. Selain itu, ada kandungan mineral (fosfor, kalsium, dan zat besi) serta vitamin (A, B1, dan C), dan serat pangan.

Jantung pisang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet lemak karena rendah lemak dan memberi rasa kenyang lebih lama. Penderita diabetes juga bisa makan jantung pisang karena indeks glikemik (GI) nya rendah. 

Kandungan serat dalam jantung pisang dapat memperlancar pencernaan serta mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang bersama kotoran. Juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan bersifat antikoagulan (mencegah penggumpalan darah).

Memang benar tidak semua jenis Jantung Pisang enak dimakan. Jantung pisang ambon rasanya pahit karena memiliki kadar tannin tinggi. Gunakan jantung dari pisang jenis pisang siam, kepok, dan klutuk (batu).

Jenis Pisang ini memiliki kadar protein lebih tinggi dari pisang lainnya. Protein yang di hasilkan Jantung pisang ini menimbulkan rasa gurih yang dapat mengalahkan rasa pahit dari tannin. Untuk rasa yang paling enak, pilihlah jantung pisang batu.

Jantung pisang dapat dimakan sebagai lalap maupun dibuat menjadi berbagai jenis masakan. Seperti urap, pecel, gulai, lodeh, pepes, tumisan sampai dengan beragam bumbu.

Jantung pisang rebus rasanya tawar dan berair, enaknya dimakan sebagai lalap dan dicocol dengan sambal. Karena berserat dan empuk, jantung pisang biasanya menjadi kuliner alternatif pengganti daging bagi para vegetarian.

Related Posts

Manfaat Jantung Pisang Cegah Serangan Jantung, Stroke dan Diabetes
4/ 5
Oleh :

10 comments

Jadi gulai enak ya sob?

@Haqiqi Softing
Pas Banget Sob, jadi pengen nih....

saya paling suka makan sayur jantung pisang sobat,, nyammi sobat..

@Asis Sugianto
Pokoknya Maknyos dah Sob.

wah., makasi buat pengetahuaanya sobat :)

@Candra
Sama-sama Teman.

wahhh gitu yah, jadi jantung pisang bermanfaat juga nh..

thanks yah sob infonya

@Bang Dayat
Begitu adanya Sobat

Makacih infonya sob... selama ini aku suka makan masakan jantung pisang tapi selama itu pula aku gak tahu manfaatnya, yang tahu cuma makan jantung pisang enak dan bikin makan jadi tambah lahap n kenyang azza. tapi dengan ada web ini aku jadi ngerti manfaatnya jantung pisang. sekali lagi thanks to...!!!

@TPQ dan MADIN MIFTAKHUL ULUM
Semoga ada Manfaatnya Buat yang lain Teman. Salam