November 5, 2013

'Smart Glasses' Kaca Mata Pintar Bantu Tuna Netra Jalan Tanpa Tongkat

Sebuah inovasi teknologi dari para tim ilmuwan asal Inggris berhasil membuat penderita tuna netra bisa melihat sebagaimana mestinya. Teknologi tersebut bernama Smart Glasses, kaca mata yang membuat penderita tuna netra mampu berjalan tanpa tongkat.

smart_glasses_kaca_mata_pintar

Tim peneliti dari Oxford University menciptakan kacamata yang dapat mendeteksi objek apa saja yang terdapat di hadapan yang memakainya. Kacamata tersebut dilengkapi dengan dua kamera yang dapat merekam dan membaca benda-benda dan jalanan.

Setelah kamera tersebut merekam medan yang ada di hadapan pengguna, Smart Glasses dengan pintar akan memberi tahu kepada si pengguna kacamata tentang apa saja yang ada di hadapannya, secara detil.

Smart Glasses juga dilengkapi dengan dua buah headphone untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang medan jalan di depannya. Ya, kamera Smart Glasses mengubah apa yang ditangkapnya menjadi arahan bagi penderita tuna netra dalam bentuk suara.

Smart Glasses tak hanya memberikan gambaran lewat suara, juga memberikan visualisasi lewat lensa kacamata. Menggunakan lampu LED di lensa, pengguna akan melihat kontur jalan yang ada di depannya dalam bentuk cahaya. Karena memang, sebagian penderita tuna netra dapat menangkap cahaya terang dan gerakan.

Dengan hasil karyanya ini, tim peneliti dari Oxford University meraih pernghargaan Royal Society di Inggris Raya. "Ini adalah awal dari era emas teknologi komputer. Penghargaan Royal Society akan membuat kami semakin bekerja keras untuk mengembangkan teknologi untuk menolong orang-orang disabilitas," kata salah satu peneliti, Stephen Hicks, dilansir NBC News.

Smart Glasses benar-benar pintar, perangkat ini juga menyediakan kompas, GPS dan gyroscope untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukan oleh komputer di kaca mata.

Related Posts

'Smart Glasses' Kaca Mata Pintar Bantu Tuna Netra Jalan Tanpa Tongkat
4/ 5
Oleh :

10 comments

wah keren noh... tapi lagi nunggu yang kacamata tembus pandang mas bro :D

wahhh..bahaya tu hee

hedeh keren tuh Sob............

Kan nolong orang tuna netra KY.

wah hebat sekali ....jadi ingat teman saya waktu kuliah dulu....tuna netra tapi perjuangannya untuk kuliah...luar biasaa.... :)

wah kok bisa bahaya mbak ky

Benar sekali Kang Zeer, setiap ada kekurangan Tuhan selalu memberikan suatu kelebihan tertentu pada orang tersebut dimana kelebihan itu langka dimiliki orang lain.

inovasinya keren kang

bagus banget,, pasti harganyaa mahal ya hehe

@vina devina
Masih Prototype Neng...