November 7, 2013

Penyakit Vertigo

Kata Vertigo berasal dari bahasa Yunani "Vertere" yang artinya memutar. Pengertian vertigo adalah adanya sensasi gerakan atau perasaan gerak yang berputar dari tubuh atau lingkungan sekitarnya.

penyakit-vertigo

Vertigo, sering juga disebut dengan pusing berputar, dimana kondisi seseorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sebenarnya sedang tidak bergerak atau diam.

Terjadinya vertigo karena adanya gangguan keseimbangan dalam telinga bagian dalam yang berakibat penderita merasa pusing dalam artian keadaan atau ruang di sekelilingnya menjadi serasa berputar ataupun melayang. 

Vertigo menunjukkan ketidakseimbangan dalam tonus vestibular. Hal ini dapat terjadi akibat hilangnya masukan perifer yang disebabkan oleh kerusakan pada labirin dan saraf vestibular atau juga dapat disebabkan oleh kerusakan unilateral dari sel inti vestibular atau aktivitas vestibulocerebellar

Vertigo patogologis bisa bermacam-macam jenis. Ada yang sementara atau persisten, fungsional atau struktural penurunan nilai vestibular atau nilai visual, atau sistem proprioseptif sistem atau dari pusat integratif melalui suatu mekanisme.

Sebelum memulai pengobatan pada penyakit vertigo, harus ditentukan sifat dan penyebab dari vertigo itu sendiri. Gerakan mata yang abnormal menunjukkan adanya kelainan fungsi di telinga bagian dalam atau saraf yang menghubungkannya dengan otak.

Nistagmus adalah gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Arah dari gerakan tersebut bisa membantu dalam menegakkan diagnosa. Nistagmus bisa dirangsang dengan menggerakkan kepala penderita secara tiba-tiba atau dengan meneteskan air dingin ke dalam telinga.

Untuk menguji keseimbangan, penderita diminta berdiri dan kemudian berjalan dalam satu garis lurus, awalnya dengan mata terbuka, kemudian dengan mata tertutup. Melalui tes pendengaran seringkali bisa menentukan adanya kelainan telinga yang memengaruhi keseimbangan dan pendengaran. Pemeriksaan lainnya adalah dengan menggunakan CT scan atau MRI kepala.

Jika diduga terjadinya suatu infeksi, bisa diambil contoh cairan dari telinga atau sinus atau dari tulang belakang. Jika diduga terdapat penurunan aliran darah ke otak, maka dilakukan pemeriksaan angiogram, untuk melihat adanya sumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak.

Related Posts

Penyakit Vertigo
4/ 5
Oleh :

8 comments

Baru tau kang tentang penyakit vertigo ;D

Info Kesehatan Cak Oni

wah wha ilmu baru lagi nih buat ane :D

Sekedar berbagi untuk Umum Sob

penyebab vertigo dan cara biar gak kena gimana gan ? kadang mengalami ini juga soalnya

Artikelnya masih berlanjut teman, sabar ya.

penyakit ini berbahaya mas bisa bikin kejang-kejang ..