November 18, 2013

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mata

Sudah menjadi pengetahuan publik bahwa wortel adalah salah satu jenis sayuran memiliki banyak manfaat untuk mata. Bahkan Manfaat Wortel Buat Kesehatan sudah banyak diteliti, dan tidak dipungkiri lagi kebenarannya.

manfaat-wortel-buat-mata


Kandungan vitamin A yang tinggi dan beta karoten pada wortel adalah zat yang bisa memberikan manfaat tersebut untuk kesehatan mata.

Beberapa ahli kesehatan mengatakan, pada orang dewasa, dalam sehari dibutuhkan kurang lebih 600-700 mikrogram vitamin A. Vitamin A inilah yang nantinya berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A bisa didapat dari berbagai macam sayuran dan buah-buahan. Salah satu manfaat wortel bagi tubuh adalah memberikan kecukupan jumlah vitamin A yang dibutuhkan.

Manfaat Wortel Untuk Mengatasi Kebutaan Mata

Tubuh memerlukan enam mikrogram beta karoten dalam sehari. Kandungan beta karoten yang ada dalam wortel cukup banyak di bandingkan dengan sayuran lainnya. Dari beberapa data, dalam setiap 100 g wortel mentah terkandung 1.067 mikrogram vitamin A, yang bentuknya berupa beta-karoten. Jumlah yang tersedia sekitar 6400 mikrogram.

Karena itu, bukan menjadi sebuah kesulitan untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin A setiap harinya, yaitu hanya cukup dengan mengkonsumsi 100 g wortel, kebutuhan vitamin A sesuai yang dianjurkan sudah terpenuhi.

Sebenarnya untuk mengetahui kandungan beta karoten yang terdapat dalam sebuah wortel, bisa diketahui secara kasat mata. Wortel dengan tampilan warna orange segar, biasanya mengandung beta-karoten lebih tinggi dibanding yang berwarna kekuningan.

Semakin merah warna wortel, maka kandungan beta karotennya juga semakin tinggi, yang otomatis juga meningkatnya kadar vitamin A, sehingga menambah manfaat wortel bagi mata.

Menurut keterangan dari World Health Organisation (WHO), Tidak hanya merawat mata saja, manfaat wortel juga dapat membantu mata mencegah dari kebutaan, dan juga mempercantik penampilan mata. Bahkan berdasarkan penelitian, hampir 350.000 anak-anak dari 75 negara, mengalami kebutaan akibat kekurangan vitamin A

Berita baiknya, beta karoten yang terdapat dalam wortel juga termasuk ramah pada tubuh. Jika beta karoten tidak diubah menjadi vitamin A, maka tubuh akan menyimpannya. Namun keadaan ini terbilang aman, dibandingkan dengan penyimpanan vitamin A dalam bentuk suplemen, yang bisa menimbulkan keracunan jika berlebihan.

Manfaat Wortel Lebih Besar Dalam Keadaan Sudah Dimasak

Menurut sebuah Journal of Agricultural and Food Chemistry, seperti dilansir situs ayahbunda.co.id, dilaporkan di Amerika Serikat mengenai manfaat wortel dalam keadaan setelah dimasak. Menurut hasilnya, dalam keadaan sudah dimasak, aktivitas antioksidan wortel meningkat 34% nya dibanding dalam keadaan mentah.

Namun bukan berarti kita memasak wortel selama mungkin atau berlebihan, karena justru pemanasan yang terlalu lama dikuatirkan mampu merusak senyawa antioksidannya.

Namun, jika lebih menyukai memakan wortel dalam bentuk juice ataupun dibuat salad, tidak ada salahnya. Tetapi tetaplah memilih wortel yang segar, untuk menjaga kandungan beta karotennya tetap tinggi, sehingga manfaat wortel bisa dirasakan sempurna.

Related Posts

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mata
4/ 5
Oleh :

8 comments

saya udah minus 2 lebih mata nya,, tapi saya gak suka banget sama wortel padahal manfaatnya luar biasa banget

Banyak cara Neng, mengkonsumsinya. Bisa di buatin juice dengan menambahkan sedikit campuran penghilang aroma.
Selamat mencoba

wah jarang banget nih saya makan wortel. Paling-paling kalau ada di sayur aja nich hmmm :)
padahal penting sekali ya untuk kesehatan mata kita :)

Yah, mulai dibiasakan aja Mbak buat kesehatan mata kita

waduh saya sangat jarang makan wortel paling makannya waktu disayur sop maklum anak kuliahan, namun ternyata sangat penting sekali ya gan wortel itu

terima kasih infonya gan

Kalau bisa dimulai lebih dini Mas Bayu, Manfaat yang dirasakan bukan hanya sesaat, namun sampai tua. Niscaya kita akan memiliki otot dan syaraf mata jauh lebih kuat.

alhamdulillah saya selalu makan wrotel kang untuk menjaga kesehatan mata saya

Benar sekali Cak, sangat bermanfaat untuk mata kita