November 19, 2013

Catatan Rekor Marc Marquez di MotoGP 2013

Pembalap Marc Marquez menorehkan rekor dan rekor baru di MotoGP 2013. Selain meraih gelar Juara Dunia MotoGP 2013, Marc Marquez juga meraih pujian lantaran catatan rekor yang fantastis sepanjang kompetisi MotoGP 2013.

26-pedrosa-93-marquez-99-lorenzo-motogp2013

Catatan Rekor Marc Marquez di MotoGP 2013:

1. Rookie Pemenang Gelar Kelas Utama
Marc Marquez menjadi juara dunia di musim perdananya di MotoGP. Hasil ini sekaligus menyamai prestasi Kenny Roberts yang juga menjuarai kelas utama dengan status rookie yang diraih pada tahun 1978.

2. Pembalap Termuda yang Meraih Gelar Juara Kelas Utama
Saat mengakhiri balapan di Valencia di posisi ketiga, yang sekaligus membawanya meraih gelar juara dunia, usia Marc Marquez menginjak 20 tahun 266 hari. Rekor ini sekaligus mematahkan catatan gelar Freddie Spencer. Rider Honda ini yang meraih gelar juara di usia 21 tahun 258 hari pada tahun 1983.

3. Meraih Gelar Juara Dunia di tiga Kategori Berbeda
Sangat jarang pembalap mampu meraih gelar juara dunia di tiga kategori berbeda. Marc Marquez membuktikan hal ini dan membawa namanya disejajarkan dengan Mike Hailwood, Phil Read dan Valentino Rossi. Marquez rider keempat yang meraih gelar juara di tiga kategori berbeda dalam catatan 65 tahun sejarah MotoGP.

4. Pembalap Termuda Naik ke Podium
Marc Marquez raih rekor ini saat Race MotoGP 2013 Qatar. Rekor ini membawa Marquez bersanding dengan tiga pembalap lain yang juga menjadi pembalap termuda yang meraih podium di kelas primer, yakni Randy Mamola, Eduardo Salatino, dan Norick Abe.

5. Pembalap Termuda Meraih Podium Utama MotoGP
Marc Marquez meraih gelar ini saat gelaran MotoGP di Austin Amerika, usia Marquez menginjak 20 tahun 63 hari. Di saat yang bersamaan Marquez menjadi pembalap termuda yang memenangi podium utama di kelas primer, melewati catatan Freddie Spencer saat balapan kelas utama masih menggunakan regulasi 500cc. Spencer meraih catatan itu di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia 1982 dengan catatan usia 20 tahun 196 hari.

6. Pembalap Termuda Peraih Pole Position
Austin membawa nama Marquez melambung ke atas langit. Di seri ini Marc Marquez Raih Pole Pertamanya di MotoGP 2013 Austin Amerika, ia menjadi pembalap termuda (20 tahun 62 hari) yang meraih pole position di kelas utama.

Namanya lagi-lagi disandingkan dengan pembalap lagendaris Freddie Spencer yang mencatatkan dirinya di prestasi ini pada usia 20 tahun 153 hari saat balapan digelar di Jarama pada 1982.

7. Pembalap Termuda Memimpin Klasemen Utama MotoGP
Naik podium dua kali di dua seri pertamanya, Marc Marquez langsung memimpin klasemen sementara bersama Jorge Lorenzo. Ia pun menjadi pembalap termuda yang mampu meraih posisi puncak klasemen di kelas utama.

8. Pembalap Termuda yang naik poidum tiga seri berturut-turut
Saat Race MotoGP Jerez Spanyol 2013 digelar, usia Marc Marquez baru menginjak 20 tahun 77 hari. Meskipun Marquez meraih posisi kedua disini, namun ia menorehkan catatan tiga podium berturut-turut.

Fantastisnya lagi, rekor ini melewati prestasi Jorge Lorenzo yang juga pernah meraihnya pada usia 20 tahun 345 hari pada tahun 2008.

9. Pembalap Termuda Peraih Podium di Empat Seri Pertama MotoGP
Marc Marquez mampu meraih empat podium secara berturut-turut dalam empat seri pertamanya di kelas utama MotoGP 2013.

Masih banyak lagi catatan rekor MotoGP yang sudah ditorehkan oleh Marc Márquez Alenta, lahir 17 Februari 1993 di Cervera, Lleida , Spanyol ini.

Satu lagi yang patut di ingat, bahwa Marc Márquez Alenta satu-satunya pembalap yang mampu menaikkan semua standarisasi balap di tiga kelas berbeda. Apa lagi yang akan ditorehkan Marc Márquez Alenta ini di ajang balap MotoGP 2014 nanti, ikuti Jadwal Balapan MotoGP Musim 2014 berikutnya.[crash,motogp]

Related Posts

Catatan Rekor Marc Marquez di MotoGP 2013
4/ 5
Oleh :

2 comments

wah hebat banget ya marc marquez bisa membuat rekor dunia. Luar biasa mas. bener-bener pembalap yang tangguh dan keren :)

Kami salah satu penggemar Marc Marquez Mbak Eka, Rasanya menyaksikan Marquez balapan di lintasan, memberikan adrenalin tersendiri.