November 1, 2013

Algoritma Hummingbird Google

Siapapun blogger tidak akan mudah melupakan betapa ganasnya Algoritma Webspam Google Penguin 2012. Baru-baru ini Om Google mengeluarkan update nya lagi, dan diberi nama Algoritma Hummingbird Google

Algoritma-Hummingbird-Google
Algoritma terbaru dari Google yang diberi nama Algoritma Hummingbird Google diluncurkan pada tanggal 27 September 2013, yang bertepatan dengan ulang tahun Google yang ke 15.
 
Algoritma Hummingbird Google diklaim dapat berinteraksi dengan pengguna secara lebih manusiawi dan lebih bersahabat. Google mulai menggunakan Algoritma Hummingbird pada tanggal 30 Agustus 2013

Algoritma Hummingbird adalah upaya Google untuk mencocokkan makna query dengan dokumen di Internet, kata Amit Singhal, senior vice president dan software engineer di Google Inc. Dengan adanya update ini, search engine Google pun tak hanya bisa mengerti kata, melainkan juga mengerti arti kalimat. Dengan begitu, Google kini sedikit bisa lebih mengerti bahasa komunikasi manusia.

Secara teknis search Algoritma itu semacam kriteria-kriteria yang digunakan Google untuk menyeleksi informasi yang ada pada milyaran halaman website yang telah di-index Google. Hasil dari proses seleksi inilah yang kemudian dimunculkan di halaman hasil pencarian yang sering kita lihat. Dan Hummingbird search Algoritma adalah mesin baru Google untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Pergantian mesin baru sebelumnya juga pernah Google lakukan di tahun 2010, yang kita kenal dengan istilah 'Caffeine Update' dimana membawa pengaruh yang sangat signifikan pada hasil pencarian Google.
Pembaruan dari Algoritma Hummingbird Google

Algoritma Hummingbird Google merubah bagaimana Google mengolah sebuah pencarian dari sekedar susunan kata menjadi makna dari kata yang dituliskan ke dalam kotak pencarian. Teknologi pencarian yang disebut 'Conversational Search'.

Pihak Google secara gamblang menegaskan bahwa Hummingbird adalah mesin cerdas yang dirancang untuk memperhatikan setiap kata yang ditulis oleh pengguna mesin pencari dan secara cepat berusaha menafsirkan maksud dari seluruh kata-kata tersebut secara utuh.

Pengaruh Algoritma Hummingbird Google Terhadap SEO

Setiap terjadi perubahan pada algoritma Google umumnya ada yang berpendapat bahwa perubahan itu akan membunuh SEO. Namun pada kenyataanya tidak ada yang berubah dengan prinsip-prinsip SEO dan belum ada petunjuk resmi yang baru dari Google tentang cara optimasi website agar menjadi search engine friendly.

Inti permasalahan masih tetap sama dari dulu, yang Google inginkan sebenarnya adalah konten berkualitas dan bermanfaat, itu kata pihak dari Google, tapi kalau admin Laurencius menyimpulkan "Ga Usah terlampau dipikirin, tetap aja ngeblog dan Update artikel", bereskan............

Related Posts

Algoritma Hummingbird Google
4/ 5
Oleh :

2 comments

Yah benar tetap rutin dalam update artikel dan belajar sedikit demi sedikit untuk membuat artikel dan konten yang berkualitas. Nantinya juga google akan 'melirik' blog kita juga.
Terima kasih mas atas berbagi ilmunya ini

Teman lama kelihatan lagi, sehat dan sukses terus ya Om....
Salam