October 23, 2013

Penyebab dan Pengobatan Gingivitas atau Radang Gusi

pengobatan-gingivitas-Radang-Gusi
Pada artikel terdahulu, Penyakit Gingivitas atau Peradangan Pada Gusi sudah diulas perihal penyakit yang satu ini, kini kita akan lanjutkan penyebab, gejala dan pengobatan dari penyakit Gingivitas atau Radang Gusi

Penyebab paling umum terjadinya penyakit Gingivitas atau Radang Gusi adalah kebersihan mulut yang buruk sehingga kemungkinan besar terbentuknya plak.

Plak adalah sebuah lapisan biofilm yang tidak terlihat, lengket yang terutama terdiri dari bakteri. Menyikat gigi dengan cara yang benar dan rutin serta setiap hari dapat menghilangkan plak.

Plak harus dihilangkan setiap hari dengan menyikat gigi karena akan kembali terbentuk dengan cepat, biasanya dalam waktu 24 jam. Plak yang menumpuk akan menyebabkan terbentuknya karang gigi (kalkulus).

Plak yang menumpuk pada gigi akan terkalsifikasi sehingga membentuk lapisan keras yang menyerupai kapur, lapisan keras inilah yang disebut sebagai karang gigi. Toksin yang merupakan hasil metabolisme dari bakteri akan menyebabkan gusi terinfeksi, bengkak, dan lunak.

Gejala Gingivitas atau Radang Gusi :
  1. Gusi kemerahan
  2. Gusi bengkak
  3. Konsistensi gusi menjadi lebih lunak
  4. Bentuk gusi agak membulat (unstippling)
  5. Gusi mudah berdarah
Pengobatan Gingivitas atau Radang Gusi
Pengobatan utama pada gingivitis adalah dengan menghilangkan penyebab Gingivitas atau Radang Gusi, yaitu dengan membersihkan karang gigi (scaling). Membersihkan karang gigi dapat dilakukan di dokter gigi.

Sebaiknya satu minggu menjelang pembersihan karang gigi, dicek apakah kondisi sudah membaik atau belum. Jika kondisi gusi masih radang berkonsultasilah dengan dokter gigi. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam pembersihan karang gigi atau plak.

Related Posts

Penyebab dan Pengobatan Gingivitas atau Radang Gusi
4/ 5
Oleh :