June 3, 2013

Bahaya Kalau Malas Sikat Gigi Malam

Bahaya Kalau Malas Sikat Gigi Malam. Masih banyak kita yang mengabaikan sikat gigi di malam hari. Padahal, menyikat gigi di malam hari sangatlah penting mengingat produktivitas dan aktivitas bakteri di waktu itu lebih tinggi sehingga lebih gampang memicu kerusakan gigi.

Sikat-Gigi-Malam

Survei terbaru menunjukkan, kebanyakan orang Indonesia malas melakukan sikat gigi di malam hari.  Padahal, menyikat gigi menjelang istirahat malam sangat penting artinya.

Profesional Relationship Manager Oral Care PT. Unilever Indonesia drg. Ratu Mirah Afifah dalam talk show yang bertajuk 'Perilaku Menyikat Gigi dalam Keluarga' di Jakarta, Senin (6/5/2013), menyatakan, masyarakat Indonesia lebih sering melewatkan waktu menyikat gigi di malam hari.


Berdasarkan hasil survei yang dilakukan PT Unilever di bulan Januari 2013 lalu, sebanyak 49 persen peserta survei lebih sering melewatkan sikat gigi malam hari daripada menyikat gigi di pagi  hari. Bahkan survei juga menunjukkan, 71 persen orang dewasa dan 74 persen anak tidak menyikat gigi di malam hari.


Survei tersebut melibatkan 1.634 peserta yang terdiri dari anak berusia 8-12 tahun dan orang dewasa. Peserta survei berasal dari empat negara yaitu Perancis, India, Italia, dan Indonesia.


Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) drg. Syarif Hidayat mengatakan, menyikat gigi di malam hari sebelum tidur sangat penting. Pasalnya, saat tidur aktivitas mulut menurun drastis yang mengakibatkan penurunan jumlah saliva.


Saliva atau dikenal juga dengan air liur memiliki aktivitas antibakteri yang dapat membunuh bakteri. Akibat berkurangnya saliva, maka pertumbuhan bakteri di mulut pun semakin pesat pada malam hari.


"Pertumbuhan bakteri di saat tidur menjadi dua kali lipat," ungkapnya.


Mirah menambahkan, waktu menyikat gigi malam yang tepat adalah sebelum tidur. Hal itu dikarenakan saat itu mulut tidak melakukan aktivitas makan lagi sehingga tidak ada sisa-sisa makanan untuk memicu pertumbuhan bakteri. Sedangkan waktu menyikat gigi pagi adalah sehabis sarapan pagi.[go4healthylife]

Related Posts

Bahaya Kalau Malas Sikat Gigi Malam
4/ 5
Oleh :

1 comments:

kadang" saya lupa kang :D alias ketiduran