April 18, 2013

Mengenang Wanita Besi Margaret Thatcher

Mengenang Wanita Besi Margaret Thatcher. Margaret Thatcher lahir dengan nama Margaret Roberts di Grantham, Lincolnshire, pada tanggal 13 Oktober 1925. Ayahnya bernama Alfred Roberts, yang berasal dari Northamptonshire, dan ibunya bernama Beatrice Ethel dari Lincolnshire.

Margaret-Thatcher

Margaret Thatcher menjabat sebagai Perdana Menteri  Inggris  dari tahun 1979-1990 dan merupakan wanita pertama yang memimpin negara utama di demokrasi  Barat. Pada awal menjabat sebagai perdana menteri pada 1979, kondisi Inggris sedang dalam keadaan yang buruk akibat keadaan ekonomi yang memburuk dan juga gejolak politik.

Pada suatu acara makan malam pada tanggal 15 Februari 1951, ia bertemu dengan Denis Thatcher suaminya, seorang pengusaha sukses dan kaya.

Seorang jurnalis Soviet menjulukinya "Wanita Besi" (Iron Lady), istilah yang kemudian dikait-kaitkan dengan politik dan gaya kepemimpinannya. Selaku Perdana Menteri, ia menerapkan kebijakan-kebijakan Konservatif yang kelak disebut sebagai Thatcherisme, sebuah paket kebijakan yang mengedepankan kebebasan personal dan menghapus perbedaan kelas yang memecah belah Inggris berabad-abad lamanya.

Margaret_Thatcher_1

Menurut Harian Telegraph pada tahun 2009, Thatcher mendapatkan tepuk tangan dan kagum atas terpilihnya sebagai perdana menteri tapi selama masa jabatannya dia tidak pernah mempromosikan satupun seorang wanita untuk menduduki jabatan di kabinet yang dipimpinnya, kekaguman itu berubah menjadi kekecewaan dan kemarahan. “Mereka mengatakan, bahwa dia tidak melakukan apa pun untuk perempuan.”

Thatcher terpilih kembali untuk ketiga kalinya pada tahun 1987, setelah untuk kedua kalinya di tahun 1983, tetapi Community Charge-nya (biasa disebut "pajak pemungutan suara") sangat tidak populer dan pandangannya terhadap Komunitas Eropa tidak diungkapkan kepada Kabinetnya.

Ia mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri dan ketua partai pada November 1990, setelah Michael Heseltine menantang kepemimpinannya. Thatcher memegang gelar bangsawan seumur hidup sebagai Baroness Thatcher dari Kesteven di County Lincolnshire. Gelar ini memberinya tempat di Majelis Tinggi.

Thatcher menderita kesehatan yang buruk selama beberapa tahun sebelum kematiannya. Ia sempat dikabarkan menderita stroke dan terkena serangan beberapa kali dan mulai jarang terlihat sejak menjalani perawatan serangan stroke pada tahun 2002.

Thatcher hanya terlihat beberapa kali di hadapan publik dalam beberapa bulan terakhir ini. Thatcher meninggal di London, pada 8 April 2013 setelah menderita stroke. Lord Bell, juru bicara Thatcher, mengkonfirmasi kematiannya.[wikipedia,bbc.co.uk]

Related Posts

Mengenang Wanita Besi Margaret Thatcher
4/ 5
Oleh :