March 1, 2013

Mengenal Apa Itu Buah Mengkudu Atau Pace

Mengenal Apa Itu Buah Mengkudu Atau Pace. Mengkudu atau pace dikenal dengan nama latin Morinda Citrifolia, buah tropis berpenampilan aneh ini memiliki sejarah panjang.

Buah-Mangkudu-Pace
Buah Mangkudu atau Pace awalnya berwarna hijau kemudian berubah menjadi putih kekuningan setelah matang. Secara internasional, mengkudu lebih dikenal sebagai "Noni" ini merupakan sebutan khas orang Hawaii atau Tahiti. 

Dari dahulu buah ini sebenarnya sudah banyak digunakan untuk pengobatan oleh para tabib kuno, mengobati berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, pencernaan, sistem saraf, dan sistem kekebalan tubuh manusia.

Buah mengkudu jarang mendapat perhatian, karena bentuk buahnya yang cenderung bak si “buruk rupa”. Selain itu, juga karena baunya yang kurang sedap.

Pada tahun 1950, Dr. Ralph Heinecke menemukan kadar xeronine dalam buah ini, mengkudu kini menjadi incaran banyak orang. Xeronine sendiri kemudian dikenal sebagai zat yang mampu menetralisasi berbagai penyakit, seperti gula darah, penuaan dini, dan bisa menurunkan kadar kolesterol.

Bahkan beberapa penelitian terakhir menunjukan bahwa buah ini bisa juga sebagai pemberantas kanker yang mematikan.

Berdasarkan beberapa penelitian, ada sekitar 61 lebih senyawa berkhasiat yang dikandung mengkudu. Contohnya, beberapa senyawa yang berperan aktif dalam pengobatan penyakit tertentu, bukan berarti hanya senyawa itu yang berkontribusi. Tapi disokong juga oleh senyawa lainnya.

Itulah sebabnya mengkonsumsi hasil ekstraksi satu senyawa bakal berbeda khasiatnya dibandingkan dengan kalau kita langsung menenggak sari buah mengkudu secara keseluruhan.

Related Posts

Mengenal Apa Itu Buah Mengkudu Atau Pace
4/ 5
Oleh :

4 comments

paceee....akrab sedari kecil, tapi gak sanggup jika makan pace ini fresh buahnya..hehehe

ternyata dibalik baunya banyak manfaatnya
nice share sob

@Ririe Khayan
Kagak tahan dengan aromanya ya Mbak Rie...., Sama


@Haqiqi Softing
Benar sob, kalau ga ingat manfaatnya, segan juga untuk mengonsumsi buah yang satu ini.

Makasih postnya Sob..
Buah mengkudu memang bagus untuk kesehatan, dan lebih lengkap infonya setelah membaca post yang Sobat bagikan..