February 28, 2013

Ibu Negara RI Ani Yudhoyono Luncurkan Kapal dan Rumah Pintar untuk Pulau Terdepan

Ibu Negara RI Ani Yudhoyono Luncurkan Kapal dan Rumah Pintar untuk Pulau Terdepan. Pentingnya sebuah pendidikan sangat berperan besar dalam pembentukan karakter bangsa.

Kapal-Pintar-RI

Dengan pendidikan, warga negara dapat memiliki kemampuan yang bermanfaat bagi pribadi dan negara dan semua warga negara berhak mendapatkan pendidikan, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia (UUD RI) 1945 pasal 31.

Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan TNI Angkatan Laut bahu-membahu menyukseskan pengadaan program Layanan pendidikan melalui kapal pintar ini. 

Untuk mendapatkan pelayanan pendidikan diwilayah terdepan dan terpencil, sejumlah rumah pintar dan kendaraan pintar juga diluncurkan, Selasa (19/2). Wahana layanan nonformal tersebut diresmikan oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono di Markas Komando Lintas Laut Militer (Mako Kolinlamil) TNI-AL, Jakarta Utara.

"Layanan pendidikan ini adalah untuk menjangkau yang tidak terjangkau, reach the unreach," kata Ibu Ani dalam kesempatan tersebut.


Ibu Negara menjelaskan, banyak keluarga Indonesia yang tinggal di daerah sangat terpencil tidak bisa menikmati pendidikan dan kemajuan di perkotaan. Oleh karena itulah kapal, mobil, motor, dan rumah pintar yang diresmikan ini tersebar di berbagai daerah terpencil dan pulau terdepan.

"Mobil, motor, rumah, dan kapal pintar menjadi salah satu solusi untuk memberikan akses pada anak-anak dan masyarakat di tempat tersebut," ujar Ibu Ani menambahkan.

Pada acara itu sebanyak 26 rumah pintar diresmikan. Lima di antara rumah pintar itu berasal dari dana rintisan Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan sisanya merupakan bantuan sosial dari Indofood.

Rumah-rumah pintar (rumpin) yang diresmikan tersebut tersebar di Manado, Medan, Aceh, Biak, Kupang, dan Solok. Ada 4 unit rumpin di Riau, 6 unit di Sumatera Selatan, 4 unit di Kalimantan Barat, 1 unit di Kalimantan Timur, dan 1 unit rumpin di Sumatera Selatan.


Sedangkan untuk kapal pintar diperuntukkan bagi masyarakat Kepulauan Riau, Perairan Sumatera Selatan, dan Perairan Sorong. Kapal-kapal itu akan menyinggahi pulau-pulau terpencil tersebut secara reguler dan terjadwal. Dengan demikian anak-anak setempat memiliki kesempatan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan mengakses informasi yang dibutuhkan.

Memiliki fungsi yang sama, terdapat pula empat unit mobil pintar dari Kementerian Pertahanan yang akan disebar di Sabang, Marauke, Rote, dan Tahuna. Selanjutnya, satu unit motor pintar kerja akan dimanfaatkan di Miangas. Berbagai bantuan dari berbagai pihak itu diapresiasi oleh Ibu Negara.

"Pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat. Dengan makin banyak paritsipasi dan kepedulian dari masyarakat, insya Allah upaya kita untuk mencerdaskan anak-anak Indonesia dapat terwujud dengan lebih cepat lagi," ujar Ibu Ani .[paudni.kemdikbud,kompas]

Related Posts

Ibu Negara RI Ani Yudhoyono Luncurkan Kapal dan Rumah Pintar untuk Pulau Terdepan
4/ 5
Oleh :

4 comments

wihh, jadi pengen lihat kapalnya aku gan...
pengen tau seberapa pintar itu kapal.... :D

@Cendekiawan IT
Bikin orang biar pintar Sob

keren kang semoga makin pinta anak muda negeri ini

@cak oni
Amin ya Robb....