January 29, 2013

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani

Donor-Darah-Kesehatan
Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani. Pendonor darah pada umumnya berniat untuk rasa kemanusiaan itu salah satu manfaat untuk Rohani, membantu sesama.

Namun sebagian kita ada juga yang belum tahu bahwa manfaat donor darah ternyata tidak hanya guna menyelamatkan nyawa orang lain saja.

Faktanya, donor darah juga membawa manfaat kesehatan Jasmani bagi si pendonor sendiri, juga memberi ketenangan mental untuknya. Ingat, memberi adalah sumber kebahagiaan dan ketenangan jiwa.

Donor darah idealnya bagi wanita adalah 4 bulan sekali. Sedangkan bagi pria, 3 bulan sekali. Namun semua tergantung pada keadaan kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaat kesehatan mendonorkan darah, berikut seperti dilansir oleh situs Boldsky.

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan :

1. Menyeimbangkan Kadar Besi
Menurut sebuah penelitian, banyak orang yang memiliki kadar zat besi yang berlebih karena konsumsi makanan mereka. Jadi, untuk menyeimbangkannya perlu sesekali dilakukan donor darah.


Kadar zat besi yang tinggi dalam darah tak baik bagi kesehatan jantung. Bagi wanita usia subur, mereka menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh mereka saat menstruasi. Namun bagi pria dan wanita yang telah menstruasi, melakukan donor darah baik sekali dilakukan.
 

2. Pengecekan Kesehatan.
Biasanya, sebelum melakukan donor darah akan dilakukan tes kesehatan terlebih dahulu. Apakah menderita penyakit tertentu yang bisa ditularkan melalui darah, atau tidak. Dengan begitu kita jadi lebih tahu kondisi kesehatan kita.


3. Mengurangi Resiko Kanker.
Dengan rendahnya atau berkurangnya kadar zat besi dalam tubuh, maka resiko terkena kanker juga berkurang. Diantaranya adalah kanker usus besar, paru, hati, tenggorokan.


4. Jauh dari Tekanan Darah Tinggi.
Pada saat mendonorkan darah, maka volume darah menjadi seimbang. Ini baik untuk menghindarkan dari Penyakit Darah Tinggi.


5. Mengurangi Kolesterol
Sel darah mengandung kolesterol, baik kolesterol jahat atau baik. Dengan donor darah atau menyumbangkan darah, maka jumlah kolesterol otomatis berkurang.


Mari kita mendonorkan Darah untuk rasa kemanusiaan dan memetik keuntungannya untuk kesehatan badan kita. Semoga Manfaat

Related Posts

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani
4/ 5
Oleh :