January 22, 2013

Graph Search Mesin Pencari Baru dari Facebook

Mesin-Graph-Search-Facebook
Graph Search Mesin Pencari Baru dari Facebook. Facebook meluncurkan layanan mesin Pencari Baru Graph Search. Mark Zuckerberg CEO Facebook telah mengumumkan peluncuran Graph Search versi beta yang diklaim berbeda dengan layanan mesin pencari umumnya.

“Layanan mesin pencari situs biasa didesain untuk menerima pertanyaan terbuka, kemudian memberi Anda daftar link yang mungkin bisa memberi jawaban, sementara Graph Search memungkinkan Anda mendapatkan jawaban yang langsung sesuai dengan apa yang Anda tanyakan,” kata Zuckerberg saat peluncuran di kantor Facebook Menlo Park, California, seperti dilansir Bloomberg.


Zuckerberg menjelaskan, tidak seperti layanan mesin pencari situs biasa yang bertumpu pada pencarian kara kunci, Graph Search menggunakan kombinai frasa untuk mencari informasi yang telah dibagikan dalam situs jejaring sosial tersebut.

“Bahkan jika seseorang memiliki sekelompok teman yang sama dengan saya, hasil pencarian akan berbeda, karena kami memiliki hubungan yang berbeda dengan mereka,” tambah Tom Stocky, Director of Product Management Graph Search.


Stocky memaparkan, pengguna juga bisa menggunakan Graph Search untuk mencari teman kencan dan rekrutmen pekerjaan. Selain itu, pengguna juga dapat dengan cepat dan mudah menemukan berbagai koleksi foto. Semuanya terkait dengan preferensi dan koneksi pengguna.


Semua hasil pencarian berasal dari tumpukan informasi dari para pengguna Facebook, termasuk 240 miliar foto dan triliunan koneksi. Sebagai perbandingan, saat ini Google telah diindeks lebih dari 30 triliun halaman web dan menangani 100 miliar pertanyaan per bulan.


Untuk layanan ini, Facebook juga bekerja sama dengan layanan mesin pencari Microsoft, Bing. Bing akan membantu pengguna mencari jawaban jika Graph Search tidak mampu menyediakannya.


Analis BofA Merril Lynch mengestimasikan pendapatan Facebook dapat meningkat US$500 juta per tahun. Analis IDC Karsten Weide mengatakan jika Facebook dapat menggenjot iklan, Graph Search mampu mendapatkan 5% dari pasar iklan dalam layanan mesin pencari di Amerika Serikat yang bernilai US$15 miliar per tahun.


Meski demikian, Graph Search dinilai belum akan mampu menandingi Mesin Search Google. “Kami belum melihat Graph Search akan mengancam Google. Mungkin ke depan Graph Search akan berkompetisi dengan kategori layanan pencari Google seperti Places dan Maps,” kata Merrill seperti dilansir Reuters.[SOLO.KMP]

Related Posts

Graph Search Mesin Pencari Baru dari Facebook
4/ 5
Oleh :

2 comments

Luar biasa jika bisa bersaing dengan mesin Search Google....saya baru mendengarnya setelah membaca informasi ini teman. Terima kasih

@Kraeng Francisco
Mudah-mudahan bisa bersaing teman