January 17, 2013

Foto Al-Akbar Al-Quran Pahat Terbesar di Dunia di Palembang

Al-Akbar Al-Quran Pahat Terbesar di Dunia di Palembang. Sebuah karya besar anak bangsa. Para ulama dan seniman kaligrafi di Sumatera Selatan berhasil menorehkan sejarah dalam dunia kaligrafi, membuat Al-Quran berupa pahatan diatas kayu.

Foto-Al-Quran-Terbesar-di-Dunia-Palembang

Dalam waktu delapan tahun, mereka berhasil memahat 30 juz ayat suci Al-Quran dalam 315 lembar kayu trembesi. Tidak kurang dari Rp 2 miliar dihabiskan untuk mewujudkan karya fenomenal itu.

Foto-Al-Quran-Terbesar-di-Dunia-Palembang_1
Foto-Al-Quran-Terbesar-di-Dunia-Palembang_2Foto-Al-Quran-Terbesar-di-Dunia-Palembang_3

Al-Quran ini terbuat dari kayu trembesi dengan ukuran yang terbilang tidak main-main. Tebal keseluruhannya termasuk sampul mencapai 9 meter. Ukuran halamannya 177 x 140 x 2,5 sentimeter.

Foto-Al-Quran-Terbesar-di-Dunia-Palembang_4

Setidaknya 40 meter kubik kayu trembesi dihabiskan untuk membuat Al-Quran ini. Masing-masing lembar Al-Quran panjang dua meter dan lebar 1,2 meter. Setiap tepi lembar Al-Quran raksasa itu dihiasi dengan ukiran ornamen khas Palembang.

Foto-Al-Quran-Terbesar-di-Dunia-Palembang_5

Al-Quran yang terdiri dari 630 halaman ini dilengkapi dengan tajwid serta doa khataman bagi pemula. Menurut Sofwatillah Mohzaib, salah seorang penggagas Al-Quran terbesar itu, Al-Quran Al-Akbar ini didanai sumbangan para donatur senilai Rp 900 juta, sisanya lebih dari Rp 1 miliar merupakan dana dari para pribadi alim ulama di Sumatera Selatan.

Related Posts

Foto Al-Akbar Al-Quran Pahat Terbesar di Dunia di Palembang
4/ 5
Oleh :

6 comments

wah gede banget gan al-qur'annya :)

@Cirebon-Cyber4rt
Unik Sob, lembar kayu trembesi

keren-keren sob

Subahanallah...
Kreativitas tidak terbatas ...

@Megawati Achmad
Keren dah

Subahanaallah.....
Moga Makin Sukses bagi para pembuatnya