January 30, 2013

Pesona Keindahan Air Terjun Mursala di Tapanuli Tengah

Pesona Keindahan Air Terjun Mursala di Tapanuli Tengah. Selain Air Terjun Situmurun Sumatera Utara, adalagi Air terjun yang indah ini berada di Tapanuli Tengah tepatnya di Kecamatan Tapian Nauli.


Obyek wisata Pulau Mursala terletak pada 1,7 derajat LU dan 98,5 derajat BT dan termasuk wilayah Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

Luas Pulau Mursala sekitar 8.000 Ha, merupakan daerah perbukitan yang indah. Di Pulau Mursala terdapat beberapa aliran sungai berbatu dengan aliran cukup deras yang mengalir membelah Pulau Mursala.

Perairan Pulau Mursala dijadikan konservasi terumbu karang sedangkan Pulau Mursala berpeluang untuk dijadikan tempat wisata berburu dan resort. Beberapa gugus pulau-pulau kecil disekitar Pulau Mursala seperti Pulau Silabu-labu Nagodang, Pulau Kalimantung Namenek, Pulau Jambe, dan Pulau Puti memiliki kekhasan tersendiri yang menambah keindahan wisata bahari Pulau Mursala.


Letak Pulau Mursala memerlukan waktu perjalanan selama 2 jam dengan perahu, dan 60 menit dengan speed boat dari dermaga yang ada di pesisir Kabupaten Pandan, Sibolga. Harga mungkin akan jadi masalah karena perahu ini memasang  yang berbeda tergantung pintar kita bernegosiasi.

Tempat lain yang wajib dikunjungi jika sempat ke Pulau Mursala adalah menyingkap keajaiban air terjun yang berada di pinggir Pulau Mursala. Bagi yang memiliki waktu banyak bisa saja menyusuri langsung dari mana air terjun yang langsung jatuh ke samudera lepas itu bermula.

Untuk yang hanya ingin merekam keindahan air terjun itu, bisa menyaksikannya dengan mencarter kapal.

Related Posts

Pesona Keindahan Air Terjun Mursala di Tapanuli Tengah
4/ 5
Oleh :