December 25, 2012

Penyebab Posisi Artikel di SERP Turun

Google-SERP-Down
Penyebab Posisi Artikel di SERP Turun. Jika posisi serp salah satu artikel turun apalagi artikel Kontes seo pasti akan membuat kita jengkel, padahal Optimasi SEO Blog rasanya sudah dilakukan, tapi malah posisi serp menurun terus bahkan terkadang mental jauh

Cara mengatasi ranking blog yang turun entah akibat google panda atau Google Penguin atau akibat lain bisa dimulai secara bertahap.

Posisi peringkat dimasa adanya google pinguin tak ada yang awet, apalagi jika itu dicapai dengan cara yang tidak etis atau dengan tindakan Spam. Pada masa Google Pinguin telah membuat sebagian para master seo kehilangan posisi utamanya di mesin pencari google.

Jika posisi link artikel menurun, sebenarnya tidak mutlak karena pengaruh google pinguin, Algoritma Google Exact Match Domain (EMD), ataupun beberapa Jurus Silat terbaru dari Google. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab merosotnya posisi suatu blog.

Penyebab Posisi Artikel di SERP Turun :
1. Adanya kekuatan baru memiliki otoritas lebih tinggi di google. Jika sebelumnya kita selalu jadi nomor satu di google pada suatu kata kunci/keyword tetapi tiba tiba terlempar ke tingkat yang lebih rendah bisa jadi karena blog kurang punya otoritas, trafik tidak alami dan belum memiliki pagerank.

Nilai pagerank tetap bermain walau sebagian webmaster mengatakan pagerank tidak penting. Pagerank juga berpengaruh terhadap Posisi Artikel di SERP.

Solusi utama untuk mengatasi masalah ini adalah segera merevolusi blog, menata kembali inbound link yang masuk ke link artikel. Kita harus berusaha mencar inbound link dari web yang memiliki sedikit link keluar tetapi nilai pageranknya lebih tinggi.

2. Jumlah Artkel juga mempengaruhi simak artikel kami Posisi Artikel Terhadap SERP - Optimasi SEO Blog, disini juga berpengaruh karena sering atau tidak nya kita menambah kontent atau Artikel di blog.

3. Adanya Duplicate Content. Jika sebuah blog terdeteksi ada Duplicate Content maka ranking bisa terjungkal dan lebih rendah dari sebelumnya.

Bahkan satu persatu artikel kita akan hilang dari SERP si Om Google, kalau sudah begini habis sudah. Kita membutuhkan waktu dan perjuangan yang cukup keras untuk dapat mengembalikannya lagi seperti sediakala.

Masih ada beberapa lagi faktor Penyebab Posisi Artikel di SERP Turun, dilain kesempatan Laurencius akan lanjutkan lagi faktor lain apa yang bisa menyebabkan Posisi Artikel Turun di SERP. Semoga Manfaat.

Related Posts

Penyebab Posisi Artikel di SERP Turun
4/ 5
Oleh :

24 comments

ijin menyimak gan

@Haqiqi Softing
Silahkan Teman

paling ngaruh ya itu gan, banyak saingan artikel yang lain juga

@Muhammad Irvan Avib AziziBenar sekali Sob,
tapi dengan up-date konsisten kita bisa mengatasinya.

inbound link itu yang ngelink ke homepage web kita ya?

Anonymous delete 12:15

Mas saya mau tanya nih.. kalo artikelnya hilang muncul itu gimana yaah..?
Maksudnya waktu saya cek di pencarian google ada artikel saya.. cek lagi tiba-tiba tidak ada..cek lagi ada lagi.
Kaya gitu terus..! itu gimana yaah..?

@Widya Abdurrozaq
Biasanya karena ada nya persaingan di SERP teman

wah pantes serp ku turun :(
duplikat konten kayak nya

Anonymous delete 04:03

informasi yang bermanfaat... makasih udah share :)

@sehatalami99
Sama-sama teman. Salam

Anonymous delete 20:23

susah juga terbyata ya gan :(

@vipergoy.com
Persaingan banyak teman. Salam

This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous delete 07:28

Mau tanya nih. Kira-kira apa penyebabnya yah?. kalau posisi artikel saya biasanya menduduki peringkat #1 di mesin pencarian google. Tiba-tiba turun sangat drastis menjadi posisi kurang lebih 200, Untuk Laurencius terhormat mohon bantuannya dan cara mengatasinya bagaimana? mohon pencerahannya.

Thank Before!

Anonymous delete 22:50

Haduhh boss ngatasinnya gimana yahh :(

@Fauzan Nurarifin
@yantasik

1. Yang penting jangan lupa untuk Update Artikel
2. Perbaiki kerusakan yang ada seperti Duplicate Content danlainnya
3. Blogwalking

Semoga manfaat

Anonymous delete 15:40

saya juga bingung, blog saya yang satunya lagi yang saya buat beberapa artikelnya muncul di halaman pertam bahkan nomer satu dipencarian google, tapi sekarang tiba-tiba merosot ke halaman ketiga, bukan satu artikel saja, tapi hampir semua, padahal saya tidak melanggar TOS dari google

Belum tentu karena melanggar TOS Sob, terkadang kita sendiri tanpa disadari pada saat Edit Script suka menghilangkan sesuatu yang diperlukan sebuah Blog.

Tapi dasarnya terapkan aja :

1. Jangan lupa untuk Update Artikel
2. Perbaiki kerusakan yang ada seperti Duplicate Content danlainnya
3. Blogwalking, salah satu cara yang ampuh.

Semoga manfaat

gan ane mw nnyak tentang yang duplicate content. itu klau blogger lain yang copi artikel kita, kita juga kena dampaknya???
mampir di blog ane juga yaa gan, ditunggu ^^

Kalau itu menurut kami tergantung seberapa kuat SEO yang ada.

Selamat sore Gan, web ane hari ini terpental dari peringkat SERP, dari kadang-kadang 1, 2, 3 kadang 4 paling jauh, sekarang ada di halaman ke 2, yang mau ane tanyakan apakah ini hanya sementara atau ini awal musibah? Ane sudah baca2 di forum dan web sebelah, katanya salah satu faktornya adalah link internal yang terlalu banyak (punya ane rata-rata 346 link untuk masing2 label), link internal dari url posting cuma punya link antara 10-13 link untuk setiap url nya. mohon pencerahan bagaimana mengatasinya. thanks kalao perlu URL webnya nanti ane kasih.

Bagusnya sekalian URLnya Mas.

Sebaiknya coba di cek Webmaster Tools, semua masalah biasanya terindikasi disitu

Coba di perhatikan apa ada yang aneh atau berupa warning di Webmaster Tools. Kalau ada sebaiknya segera diperbaiki. Semoga Manfaat

wah jadi begitu ya. :) terimaksih infonya.

Sama-sama Sob