December 13, 2012

Foto The Great Blue Hole, Lubang Biru Terbesar di Dunia

The-Great-Blue-Hole
Foto The Great Blue Hole, Lubang Biru Terbesar di Dunia. Menambah lagi artikel foto Unik Laurencius seperti Foto dan Video Tropical Islands Resort, Hutan Tropis Terbesar Dalam Kubah, Foto Patung Lilin Bung Karno di Museum Madame Tussauds, Bangkok dan Foto Helikopter Electric Satu Awak - HIROBO serta beberapa artikel menarik kami lainnya.

Fenomena alam telah mengubah sebuah gua purba menjadi tempat penyelaman maha dahsyat. Jika dilihat dari angkasa, The Great Blue Hole yang terletak di lepas pantai Belize Amerika Tengah.

Lubang terbesar di dunia ini terletak di pesisir Belize, negara kecil di Amerika Tengah. Tepatnya berada di dekat pusat Lighthouse Reef 60 mil (90 km) timur daratan Belize. Lubang ini punya bentuk bulat yang sempurna, lebih dari 984 kaki (300 meter) dan kedalamannya mencapai 410 kaki (125 meter).


The-Great-Blue-Hole_1


The-Great-Blue-Hole_3
The-Great-Blue-Hole_2
Fenomena unik ini rupanya membuat seorang perwira Angkatan Laut Prancis, yang sekaligus penjelajah, ekologi, pembuat film, ilmuwan, dan peneliti, Jacques-Yves Cousteau, membawa kapal Calypso dan kapal selam untuk masuk ke bagian dalam lubang dan memeriksa stalaktit diskors dari dinding yang menggantung.


The-Great-Blue-Hole_4

Dari Jacques pula akhirnya diketahui tempat ini punya kedalaman berwarna biru nila dan jika memiliki kesempatan menyelam di lubang tersebut, maka akan terlihat banyak jenis binatang laut yang menghuni lubang tersebut.

The-Great-Blue-Hole_5


Dari sekian banyak jenis binatang diantaranya adalah ikan kerapu raksasa, hiu Karibia, ikan gobi, angel fish, butterflyfish, dan hamnlets.

The-Great-Blue-Hole_7
The-Great-Blue-Hole_6
The-Great-Blue-Hole_8
Lubang ini makin terlihat mengagumkan, disebabkan adanya elkhron karang yang tumbuh ke permukaan. Lubang ini punya dinding yang tipis sekitar 110 kaki (44 meter) dengan formasi stalaktit. Makin ke dalam, ternyata makin berkurang loh sirkulasi air dan cahayanya.

Tempat ini dilindungi oleh Belize Audubon Society yang juga merupakan Monumen Nasional Belize. Dan konon, jutaan tahun yang lalu, Blue Hole adalah sebuah gua kering yang besar, dimana stalaktit dan stalagmit-nya perlahan-lahan terbentuk.

Related Posts

Foto The Great Blue Hole, Lubang Biru Terbesar di Dunia
4/ 5
Oleh :

8 comments

Anonymous delete 16:04

wuiihh luar dalam mengerikan tempatnya >.<

wihh sungguh keajaiban kang :D

@limitpost
Banyak disukai Petualang Sob


@cak oni
Benar sekali Cak Oni

Widih enak skli yah klau Diving d'situ .... tpi sya tkut ad hiu

cantikkan di dalamnya

artikel menarik, ijin menyimak

@Limit Komputer
Benar ada Hiu nya Sob


@KY
Suka Renang ya KY.....

@Mas Tosu
Silahkan Teman