November 7, 2012

Video dan Foto Figaro, Kakatua Cerdas Mampu Buat Alat Sendiri

Figaro-Kakatua-Cerdas
Video dan Foto Figaro, Kakatua Cerdas Mampu Buat Alat Sendiri. Seekor burung kakatua Buat Alat Untuk Ambil Makanan sendiri? Ternyata, hal tersebut terbukti lewat hasil penelitian para ilmuwan pada kakatua Goffin (Cacatua goffiniana) bernama Figaro.

Ilmuwan awalnya mendapati burung kakatua bernama Figaro ini tengah bermain dengan kerikil di sangkarnya di sebuah tempat penelitian di Vienna.


Burung itu menjatuhkan kerikil ke luar dari sangkarnya. Ia berusaha meraih kembali. Ketika gagal mengambil dengan paruh atau cakarnya, ia memakai ranting untuk menggapai kerikil tersebut.

Figaro-Kakatua-Cerdas_1
"Untuk menyelidiki ini lebih lanjut kami menempatkan kacang dimana kerikil terdapat dan kami mulai merekam," kata Alice Auersperg dari Universitas Wina yang melakukan penelitian.

Figaro-Kakatua-Cerdas_2
Figaro-Kakatua-Cerdas_3
Figaro-Kakatua-Cerdas_4
Peneliti mendapatkan hasil yang menakjubkan. Saat berusaha mendapatkan kacang, burung itu tidak mencari ranting lagi. Lebih hebat, ia mulai menggigit batang yang lebih besar lalu memotongnya hingga memiliki ukuran dan bentuk sesuai untuk menjadi alat meraih kacang.

Figaro-Kakatua-Cerdas_5

"Sudah merupakan hal yang mengejutkan melihatnya menggunakan alat, kami pastinya tidak mengharapkannya menciptakan alat sendiri," jelas Auuersperg seperti dikutip Livescience.

Peneliti belum mengetahui bagaimana Figaro bisa memiliki kemampuan tersebut. Namun, peneliti percaya bahwa spesies yang memiliki otak lebih besar dan kemampuan pemecahan masalah dapat menciptakan peralatan secara spontan, meskipun tidak memiliki kebiasaan itu.


"Meskipun Figaro masih sendirian dalam spesies kakatua dalam menunjukkan kemampuan ini, prestasinya menunjukkan kemampuan membuat alat bisa muncul dari kecerdasan yang tak secara khusus berkaitan dengan pembuatan alat," kata Alex Kacelnik, peneliti dari Universitas Oxford.

Kacelnik sebelumnya memimpin studi pada burung gagak Kaledonia Baru yang ahli membuat alat di alam liar. Burung itu mengasah keterampilannya dengan belajar dari yang lebih tua. Dalam kasus itu, burung gagak menciptakan alat serupa kait untuk meraih makanan.[KMP.DLMIL]

Related Posts

Video dan Foto Figaro, Kakatua Cerdas Mampu Buat Alat Sendiri
4/ 5
Oleh :

9 comments

Angkat Topi untuk Fiagro, sungguh cerdas burung yang satu ini.

kelakarlah...tapi KY memang suka si burung kakak tua, ia pintarkan

Anonymous delete 16:01

kao dijual kira kira berapa tuh mas :D

jadi kepengen :D

@Rudy Arra
Cantik dan pintar Burungnya teman.


@KY
Iya burung yang cardas KY

@Limit Post
Waduh, ga ada yang mau ngejual Teman

wah mantap banget gan... kakatua emang pinter.... sukses selalu gan...

@Toko Online Kalistajaya
Makasih teman.

ini mungkin udah dilatih cukup lama sekali ya sama pemiliknya, jadi bisa ngelakuin semua itu.

@Dadi Heryana
Menurut berita yang beredar spontan Sob.