November 11, 2012

MotoGP 2012 Seri Terakhir, Pedrosa Juara di Valencia

Dani-Pedrosa-MotoGP-Valencia
MotoGP 2012 Seri Terakhir, Pedrosa Juara di Valencia. Seri Terakhir MotoGP 2012, Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, memenangi balapan MotoGP yang penuh drama di Valencia, Minggu (11/11/2012). 

Saat sejumlah besar pebalap mengalami kecelakaan, termasuk rivalnya yang juga Juara Dunia MotoGP 2012 Jorge Lorenzo, Pedrosa berhasil finis dengan keunggulan yang sangat jauh, setelah sempat start dari pitlane.

Keberhasilan ini membawa Pedrosa meraih kemenangan terbanyak di musim 2012, yaitu tujuh kali, meskipun gagal menjadi juara dunia karena dua pekan lalu sudah disabet Lorenzo.

Pebalap yang start dari pitlane, Pedrosa, Nicky Hayden, Alvaro Bautista, dan Cal Crutchlow karena mengganti motor yang menggunakan ban slick, sehingga terjadi sedikit perubahan dalam posisi start.

Pebalap CRT Aleix Espargaro langsung melesat ke depan diawal Start. Start dari urutan ke-10, dia berhasil mengambil alih jalannya balapan, sedangkan Lorenzo turun ke urutan keenam.

Namun keunggulan Espargaro tak bertahan lama, karena dua lap berselang, Andrea Dovizioso berhasil menyalipnya sehingga posisi pebalap adalah Dovizioso, Espargaro, Stoner, Rossi, Lorenzo, Hector Barbera, Karel Abraham, James Ellison, Roberto Rolfo dan Stefan Bradl.

Pada lap ketiga, sejumlah besar pebalap memutuskan untuk mengganti motor dengan ban slick, termasuk Stoner, Barbera, dan Dovizioso. Sementara itu Hayden mengalami kecelakaan dan gagal melanjutkan lomba.

Sejak awal Lorenzo konsisten dengan keputusan menggunakan ban kering, mengambil keuntungan dari kondisi ini mulai menunjukkan kebenaran karena di lap kelima dia sudah memimpin jalannya lomba ketika Espargaro dan Rossi pun terpaksa masuk garasi untuk mengganti motor.

Sayang, pada lap ke-12 Pedrosa melakukan sebuah kesalahan yang cukup fatal saat memasuki tikungan ke kanan. Akibatnya, peraih pole position ini terlalu melebar, yang membuat Lorenzo bisa kembali membuat gap. Sedangkan di posisi ketiga, Crutchlow berhasil menyalip Nakasuga.

Tak lama setelah Pedrosa melakukan kesalahan tersebut, giliran Lorenzo yang mengalami nasib sial. Saat akan melakukan overlap terhadap beberapa pebalap tim CRT, Lorenzo justru mengalami kecelakaan yang keras, sedangkan motornya mengalami kerusakan parah akibat beberapa kali berputar di udara dan menghantam aspal.

Pada lap ke-18 Pedrosa melewati Rossi, yang berada di peringkat ke-10. Pedrosa sudah 23 detik di depan, dan dia terus melakukan overlap. Satu lap kemudian, posisi Rossi pun turun satu strip karena dilewati James Ellison. Tampaknya
Valentino Rossi yang Kembali Ke Yamaha tak mau ambil risiko menjelang bergabung dengan Yamaha usai seri pamungkas ini.

Saat balapan tersisa tujuh lap lagi, giliran Cruthclow yang kecelakaan, sehingga motornya tergelincir dan menghantam pagar pembatas. Dengan demikian, hilang lagi satu pesaing terdekat Pedrosa, yang sudah unggul lebih dari 37 detik atas Nakasuga yang menempati urutan kedua. Sedangkan untuk posisi ketiga terjadi pertarungan ketat antara Bautista dan Stoner. Ketika balapan tersisa dua lap lagi, Stoner berhasil melewati Bautista di lintasan lurus.

Pada lap terakhir, tak ada perubahan. Pedrosa dengan mantap menyentuh garis finis dengan keunggulan lebih dari 38 detik atas Nakasuga, yang meskipun hanya berstatus pebalap pengganti, berhasil membawa Yamaha naik podium. Posisi ketiga ada Stoner, yang harus mengucapkan selamat tinggal kepada MotoGP karena pensiun di akhir musim 2012 ini.

Related Posts

MotoGP 2012 Seri Terakhir, Pedrosa Juara di Valencia
4/ 5
Oleh :

2 comments

Setelah melalui perjuangan panjang start dari pitlane akhirnya pedrosa bisa jadi juara walaupun gelar juara MOTO GP dipegang saingan utamanya lorenzo

@Ferry Nurse
Mudah-mudah di musim tahun 2013 Dani bisa lebih baik.