November 6, 2012

Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari Buat Kesehatan

mandi-air-dingin
Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari Buat Kesehatan. Sebelumnya kita sudah membahas Efek Samping Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan, kini kita masuk ke topik manfaat mandi air dingin buat kesehatan.

Dengan banyaknya tersedia fasilitas untuk mandi air hangat menyebabkan banyak orang lebih memilih untuk mandi air hangat di pagi hari, padahal hal itu justru dapat merugikan tubuh. 

Mandilah dengan menggunakan air dingin di pagi hari agar badan lebih sehat dan segar. 

Mandi air hangat boleh dilakukan sesekali jika tubuh terlalu lelah di malam hari, karena mandi air hangat berkhasiat mengendurkan otot serta meredakan stres. Sedangkan saat kita membutuhkan semangat yang lebih untuk memulai aktivitas di pagi hari, sebaiknya mandilah dengan air dingin.

Ada beberapa dampak negatif yang terjadi bila orang terbiasa mandi air hangat di pagi hari, antara lain pori-pori membesar dan menurunkan kualitas sperma.


Mandi air hangat di pagi hari juga bisa memicu sakit kepala karena perubahan suhu dari dinginnya pagi dan air hangat dapat mengubah tekanan darah tubuh, termasuk di daerah kepala, yang akhirnya memicu rasa sakit kepala dengan puncak rasa tertusuk tajam di dahi sekitar 30-60 detik setelah disiram air.

Beberapa Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari Buat Kesehatan:

Dengan mandi air dingin di pagi hari dapat membuat rambut lebih sehat dan bercahaya karena dapat menutup kutikula sehingga membuat rambut lebih kuat dan mencegah kotoran menumpuk di kulit kepala. Dengan menutup pori-pori akan membuat rambut lebih kuat ketika disisir, sehingga mencegah kerontokan dan juga memperlambat tumbuhnya uban.

    • Membuat Aliran Darah Lebih Baik
Jika air hangat membuat aliran darah bergerak menuju kulit, maka air dingin membuat aliran darah menuju organ-organ tubuh. Mandi air dingin lebih meningkatkan sistem sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik dapat menghindari berbagai penyakit serius seperti hipertensi, pengerasan arteri dan munculnya varises.

    • Kulit Bercahaya dan Membuat Awet Muda
Dengan mandi air dingin dapat mengecilkan dan menutup pori-pori mencegah masuknya kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan ketidaksempurnaan kulit seperti jerawat. Manfaat lain, mandi air dingin dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan muculnya lingkaran hitam di bawah mata.

    • Membuat Lebih Semangat di Pagi Hari
Dengan mandi air dingin dapat memberi kita lebih bersemangat untuk memulai hari dan petualangan baru yang segar. Air dingin jelas membantu membangunkan orang yang masih merasa mengantuk di pagi hari. Semoga Manfaat.

Related Posts

Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari Buat Kesehatan
4/ 5
Oleh :

7 comments

.. ouwwwww,, baru tau aq kawan. cz biasanya aq pake aer anget. cz dingin banget kawan. he..86x ..

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥
Kan biar sehat badannya Dhifa... hee...86x... juga

Anonymous delete 16:00

gak tahan kalo aernya dingin >.<

@Limit Post
Tapi kalau bisa jangan setiap pagi teman.

Stuju bnget gan artikel di atas ...

Sya ska mandi dingin dr pd mandi air panas

.. ea juga sichh. namun dingin banget. huhh ..

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥
Dinginnya sebentar aja itu Dhifa.....