November 1, 2012

Efek Samping Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Efek-Kurang-Tidur
Efek Samping Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan. Akibat kurang tidur dapat menyebabkan emosi tak terkontrol atau sering marah-marah, juga kepala terasa pusing.

Bisa jadi kondisi seperti ini disebabkan kurang tidur. Jangan sepelekan kondisi ini, kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan kita serta penampilan, seperti kulit menjadi kusam.

Waktu yang dibutuhkan seseorang untuk tidur rata-rata 2.300 jam/tahun. Direkomendasikan untuk orang dewasa membutuhkan 8 jam/hari untuk tidur. Aktivitas tidur berfungsi untuk mengistirahatkan fisik serta pikiran.

Kenyataannya sekarang, pada hari-hari kerja perempuan hanya tidur sekitar 6,41 jam/malam. Perempuan lebih sering mengalami insomnia ketimbang pria, ini dikarenakan perempuan lebih cenderung untuk khawatir, cemas, dan di malam hari sering berpikir. Perempuan juga sering merasa terganggu dengan gerakan pasangannya ketika sedang tidur, perempuan mudah terbangun dengan aktivitas-aktivitas yang ada di dekatnya.

Hasil riset yang dilakukan oleh Nivea dan UCSF Medical School, hormon-hormon untuk pertumbuhan dan perbaikan diantaranya kosrtisol dan melatonin akan dilepaskan ketika tidur. Hormon-hormon tersebut bermanfaat untuk membakar lemak, memperbaiki sel, memperbaiki kulit yang rusak, dan mengencangkan kulit.

Waktu yang paling baik yang digunakan tubuh untuk meremajakan dan memperbaiki kulit adalah disaat sedang tidur. Oleh sebab itu, jika seseorang kekurangan tidur akan menyebabkan kulit wajahnya terlihat kusam dan terlihat lelah, serta di bawah mata terdapat lingkaran gelap, mata tampak sembab, dan tanda-tanda penuaan dini (kerutan wajah) juga terlihat.

Waktu sore sampai malam hari adalah waktu dimana akan terjadi peningkatan temperatur kulit, ini akan menyebabkan meningkatnya penetrasi terhadap produk-produk topical, diantaranya body lotion dan pelembab. Pada tengah malam kulit akan banyak kehilangan kelembabannya dan hingga siang hari akan mengalami pengurangan. Produk-produk perawatan kulit untuk melembabkan kulit akan sangat dirasakan manfaatnya di malam hari.

Biasakanlah menjaga kebersihan sebelum tidur buatlah tubuh senyaman mungkin sebelum tidur, ini sangat membantu untuk mendapatkan tidur dengan kualitas yang baik dan mempermudah untuk tidur.

Aktivitas awal yang dapat dilakukan sebelum tidur adalah dengan mencuci muka supaya terhindar dari sisa debu, make up dan kotoran yang menempel di kulit, kemudian gunakan juga lotion yang dapat melembabkan, mengobati permasalahan kulit dan dapat memberikan nutrisi.

Related Posts

Efek Samping Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh :

11 comments

pengen tidur selamanya >.<

#PlaaKK !!

@Limit Post
Intinya sih jangan kurang tidur Sob.

tidur sih cukup, tapi mulainya jam 4 pagi sampai jam 10, sehat tidak? hihi... pekerja malam, ndak di luar, di rumah saja kok.

@rioseto
Kalau habis begadang baiknya mengonsumsi Vitamin C sob. Makasih

Sya sring insomnia nch sob, jd tkut membacanya

Kesulitan tidur (INSOMNIA) karena apa Sob?
Kalau bisa diatasi Sob.

saya biasa tidur jam 9, tapi jam 2 pagi sudah bangun lagi. apa itu sehat gan ?

saia termasuk yg kurang tiduuurrr...hiks:(

@Dadi Heryana
Kalau merujuk ke total waktu untuk tidur kurang teman. Hanya saja kita tidak bisa mengesampingkan tentang kualitas tidur itu sendiri.


@Ririe Khayan
Nah lho Mbak Rie kurang tidur, biasanya langsung berdampak pada kulit dan wajah lho Mbak.

betul semua ini sob efek-efek jika kurang tidur, karena dengan tidur sel-sel yang rusak diperbaharui kalau kurang tidur bukan perbaikan yang didapat tapi semakin banyak sel yang rusak

@Thanjawa arif
Benar sekali teman, itu sebabnya orang sakit selalu dianjurkan tidur yang cukup.