November 10, 2012

Akhirnya Mobil Esemka Resmi Diluncurkan

Mobil Esemka
Akhirnya Mobil Esemka Resmi Diluncurkan. Setelah penantian cukup panjang dan beberapa proses pengujian, mobil hasil karya anak bangsa, SUV Rajawali dua dan Pick-Up Bima tepat pukul 10.30 WIB resmi diluncurkan yang bertepatan dengan hari Pahlawan.

Namun sayang duta Esemka Bapak Jokowi Gubernur DKI Jakarta tidak bisa hadir. Jokowi menuturkan Esemka kini sudah menjadi tanggung jawab dari PT Solo Manufaktur Kreasi sebagai produsen Esemka.

Mobil kebanggaan Indonesia ini kabarnya akan dijual sekitar Rp 140-150 juta. Ini memang lebih mahal dari apa yang diomongkan Jokowi di bulan Januari 2012 lalu yang menyebutkan bahwa harga Esemka mencapai Rp 95 jutaan.

Jokowi rencananya akan memakai Esemka jadi mobil dinas Gubernur DKI. Saat menjadi Walikota Solo, Jokowi sudah menggunakan Esemka untuk mobil dinasnya meski belum lulus uji emisi. Kini, mobil Esemka diketahui telah mendapatkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor Nomor SK 3896/AJ.402/DRJD/2012, tanggal 18 Oktober 2012 lalu.

Mobil Esemka diperkuat dengan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1500 cc dengan teknologi multi point injection rakitan 2011. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 hp pada putaran 5.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 145 Nm di 4.100 rpm.

Mobil ini mampu menampung 7 orang karena mempunyai panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.630 mm, sehinga mobil tersebut tergolong handal untuk keluarga Indonesia. Apalagi mobil tersebut masih bisa mengkonsumsi bahan bakar bensin (RON 88) atau premium dengan kapasitas tangki 75 liter.

Mobil Esemka sudah dilengkapi fitur elektronik mirip SUV premium lainnya, misalnya power steering, central lock, power windows, AC dual zone, sensor parkir, dan CD player. Sementara itu ATPM selaku penjual dan distribusi Esemka akan dipegang oleh PT Solo Manufaktur Kreasi.[DTK.OT]

Related Posts

Akhirnya Mobil Esemka Resmi Diluncurkan
4/ 5
Oleh :

7 comments

sukses buat mobil esemka :D

Semoga suatu saat bisa menjadi mobil kebanggaan Indonesia

@Cirebon-Cyber4rt
Semoga demikian teman, hanya saja harganya jadi mahal.


@Ferry Nurse
Inginnya sih seperti itu teman, bisa jadi mobil Rakyat dan kebanggaan RI.

kereta baru ek..cantik, KY suka warna hitam..hehe

Iya KY, Kereta Rakyat RI

lamun erek mah nyien apollo

@arul
Ini aja masih banyak sandungan Teman