October 28, 2012

Penyakit Amnesia Atau Gangguan Daya Ingat

Penyakit Amnesia Atau Gangguan Daya Ingat. Amnesia adalah suatu kondisi ingatan atau memori seseorang mengalami suatu ganguan. Amnesia disebabkan adanya kerusakan bagian otak yang penting untuk proses memori. Penyakit Amnesia disebabkan adanya gangguan organik dan fungsional.

 Amnesia-Gangguan-Daya-Ingat

Amnesia Disebabkan Gangguan Organik :
Penyebab dari gangguan organik dapat dilihat dari kerusakan otak, yang biasanya disebabkan karena trauma ataupun penyakit, bisa juga karena mengonsumsi obat-obatan yang mempunyai sifat sedatif, bahkan yang lebih parah lagi dapat disebabkan operasi transplantasi pada sum-sum tulang belakang.

Amnesia Disebabkan Ganggua Fungsional :
Sedangkan untuk penyebab fungsional diakibatkan oleh faktor psikologis, sama halnya dengan mekanisme pertahanan ego. Terjadinya amnesia bisa secara spontan, contohnya seperti yang terjadi dalam transient global amnesia. Pada umumnya, jenis amnesia global ini terjadi ketika dalam pertengahan Usia hingga Usia Tua, lebih khususnya pada pria, dan untuk lama berlangsungnya biasanya tidak lebih dari 24 jam.

Selain itu, amnesia berdampak juga pada ketidakmampuan untuk membayangkan sesuatu di masa depan sehingga menyebabkan pasien akan selalu mempunyai bayangan pada peristiwa yang sudah terjadi dan terlupakan kembali jika bertemu dengan sesuatu yang telah terlupakan itu.


Dari penelitian yang telah diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences, menjelaskan bahwa amnesia yang mengalami kerusakan pada hipokampus tidak mempunyai kemampuan untuk membayangkan masa depan.

Bentuk amnesia

  1. Anterograde Amnesia, terjadi karena kejadian yang baru terjadi di dalam memori jangka pendek tidak dapat dikirim ke memori jangka panjang yang permanen. Penderita dengan kondisi amnesia ini tidak dapat mengingat kejadian apapun yang baru terjadi walaupun kejadian itu baru berlalu sesaat.
  2. Retrograde Amnesia, adalah suatu bentuk ketidakmampuan dalam memunculkan kembali memori yang sudah terjadi atau ingatan masa lalu, ketidakmampuan ini lebih dari peristiwa lupa yang sering terjadi.
Kemunculan kedua kategori itu dapat terjadi pada pasien amnesia yang sama. Selain kedua jenis amnesia tersebut diatas ternyata ada jenis amnesia yang cukup parah, yaitu Amnesia Parsial

Penyakit
Amnesia parsial
Amnesia parsial, pasien dengan amnesia ini tidak mempunyai kemampuan untuk mengingat beberapa orang dalam waktu yang lama, dapat mencapai 3 tahun bahkan bisa selamanya.

Kondisi ini biasanya terjadi karena pasien pernah menjalani operasi transplantasi sum-sum tulang belakang. Memang angka dari kejadian ini lumayan langka karena banyak orang yang tidak mau untuk melakukan tranplantasi sum-sum tulang belakang untuk menyembuhkan penyakit thalassemia mayor.

Hidup dengan penderita amnesia bukanlah sesuatu hal yang mudah. Tidak hanya keluarga dan teman yang dibuat frustrasi, tapi juga pada penderita sendiri. Berbicara dengan seseorang atau mereka yang memahami amnesia atau kelompok pendukung mungkin akan lebih meringankan beban penderita Amnesia.

Untuk pengobatannya dapat dilakukan melalui pendekatan suportif. Pendekatan ini dilakukan dengan mendekatkan hal-hal yang berhubungan atau sedang dialami penderita, baik itu waktu dan tempat yang pernah dialami, dan dengan catatan kita harus sabar dan telaten dalam penanganannya.[TKS]

Related Posts

Penyakit Amnesia Atau Gangguan Daya Ingat
4/ 5
Oleh :

4 comments

yang dimaksud amnesia fungsional itu apa sama dengan pikun karena faktor usia ya sob

@Thanjawa arif
Benar teman, dan pada kaum Pria lebih kelihatan

Permisi. Saya pernah tiba tiba lupa sedang apa saya, dimana saya, dan dengan siapa saya. Padahal saya sedang didampingi pacar saya, yg sudah setia menemani saya sejak dua tahun lalu. Kejadian itu terjadi untuk beberapa menit sampai kemudian saya sadar kembali dengan apa yg terjadi. Saya mohon pencerahannya. Terimakasih..

Kami tidak berani memastikannya itu gangguan dari amnesia atau tidak, kami harus mengumpulkan data yang lebih spesifik dari Mas Rizky Bayu Aji untuk memastikannya.

Kejadian seperti Mas alami bisa diakibatkan oleh faktor kelelahan yang sangat, serta faktor kurang Istirahat.

Semoga dapat membantu