October 9, 2012

Manfaat Buah Pare Untuk Obat Diabetes

Buah-Pare-Obat-Diabetes
Manfaat Buah Pare Untuk Obat Diabetes. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia menempati urutan keenam dunia sebagai negara dengan jumlah penderita Diabetes Melitus terbanyak setelah negara India, China, Uni Soviyet, Jepang dan Brazil.

Penyakit Diabetes Melitus atau lebih dikenal dengan istilah kencing manis saat ini hampir merambah seluruh dunia. Penyakit Diabetes Melitus adalah suatu jenis penyakit yang disebabkan menurunnya hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas. 

Penurunan hormon ini mengakibatkan seluruh gula (glukosa) yang dikonsumsi tubuh tidak dapat diproduksi secara sempurna, sehingga kadar glukosa didalam tubuh akan meningkat. 

Sangat disayangkan bahwa banyak penderita diabetes yang tidak menyadari dirinya mengidap penyakit ini. Hal ini mungkin disebabkan minimnya informasi di masyarakat tentang diabetes terutama gejala-gejala yang terjadi pada dirinya.

Buah Pare atau Paria atau Bitter melon merupakan salah satu alternatif obat tradisional Diabetes Melitus yang bisa digunakan untuk penyembuhan, karena tanaman ini mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol (antioxidant kuat), serta glikosida cucurbitacin, momordicin, dan charantin yang dapat menurunkan gula darah.

Selain itu pare memiliki komponen yang menyerupai sulfonylurea (obat antidiabetes paling tua dan banyak dipakai).Obat jenis ini menstimulasi sel beta kelenjar pankreas tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak, selain meningkatkan deposit cadangan gula glycogen di hati.

Efek pare dalam menurunkan gula darah pada kelinci diperkirakan juga serupa dengan mekanisme insulin. Selain itu insulin mengandung saponin (triterpen) yang bekerja dengan aktivitas yang mirip dengan insulin, sehingga dapat memasukkan glukosa dalam darah ke dalam sel.


Cara Penggunaan Buah Pare Untuk Obat Diabetes:

    • Cara pertama : Bersihkan 1 buah pare atau paria ukuran sedang, lumatkan lalu tambahkan setengah gelas air bersih. Aduk dan peras. Minum 2 hari sekali sebanyak 1 ramuan. Diulang selama minimal 2 minggu.
    • Cara kedua : Sediakan 200 gram biji pare, kemudian biji pare disangrai sampai kering dan ditumbuk halus. Setelah dingin disimpan dalam toples. Cara pemakaiannya seduh 10 gram bubuk biji pare dengan air matang untuk diminum 2 kali sehari. Seperti ngopi tanpa gula.

Efek samping dari Kandungan pare ini perlu diperhatikan karena sifat toksisitas. Karena beberapa adanya beberapa keluhan menyebutkan pemberian sebanyak 250-500 gram pare dapat menyebabkan penderita diabetes mengalami nyeri perut dan diare.

Maka dari itu anjuran untuk mengkonsumsi pare juga harus dibatasi agar tidak mengganggu pencernaan dan efek samping lainnya. Meskipun demikian sifat antioksidan yang terkandung didalamnya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi dalam jumlah terkontrol.

Buah pare juga berkhasiat sebagai antiradang, menurunkan kadar glukosa darah, untuk mengobati batuk, radang mata merah, radang tenggorokan, rematik dan sariawan.

Semoga manfaat sebagai alternatif obat alami diabetes, dan kami sangat mengharapkan kesehatan pembaca semua.[HLT.C]

Related Posts

Manfaat Buah Pare Untuk Obat Diabetes
4/ 5
Oleh :

15 comments

buah pare nih kesukaan saya sobat...

@Asis Sugianto
Besar manfaatnya buat kesehatan teman, dan sudah banyak hasilnya.

ternyata buah pare bisa untuk menyembuhkan diabetes ya sob... tpi saya ngga suka nih sama pare, soalnya pahit :D

kalau di malaysia kita panggil buah peria..KY suka bangat, apa lagi kalau goreng merah sedikit pedas..alloooo..sedapnya

hehe kalo bang sis bilang kesukaannya, aku enggak, soalnya paitnya bukan main.. :D XD

@Cirebon-Cyber4rt
Tapi manfaatnya buat Obat manjur Sobat


@KY
Nikmat nian ya KY.

@Unlimit -Soft
Kalau untuk obat mau ga mau di coba Teman.

hebat ya khsiat sey buah pare..
dirumahku bapak n mama ku ska bngt makan sayur pare.
dan ak juga jd ikutan suka memank enak ko hehhe
walaupun teman" komentar gk enak pahit hehhe

Pare enaknya di tongseng tuh sob, klo masak pare itu jgn kematangan, klo kematangan itu akan pahit.

@Megawati Achmad
Iya Mbak Mega, sebagian ada yang suka dengan Sayur Pare.


@Zevin
Wah.. masukan bagus tuh teman, dicoba ya Resepnya. Makasih nih teman

iya benar buah pare jg bisa mengobati darah kotor,menghilangkan jerawat jg bs ya sob

hebatnya jg bisa mengobaty darah kotor dan jerawat jg sob. tp pahitnya yg gak tahan sob

terima kasih infonya....untuk bahan referensi...

Dijadikan obat bagus teman

Sama-sama Mbak Farida