June 30, 2012

Manfaat Minyak Zaitun Dapat Cegah Sakit Jantung

Minyak-Zaitun-Dapat-Cegah-Sakit-Jantung
Manfaat Minyak Zaitun Dapat Cegah Sakit Jantung. Pada artikel terdahulu kami pernah memposting artikel Jantung Pisang Cegah Serangan Jantung, Stroke dan Diabetes, ternyata Minyak Zaitun juga juga dapat mencegah Sakit Jantung.  

Minyak Zaitun memang sangat banyak manfaatnya, selain dikenal sebagai penambah cita rasa makanan, minyak ini juga memiliki beragam manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Tak heran jika minyak ini mendapat julukan 'The Liquid Gold'.

Manfaat untuk kesehatan Minyak zaitun sudah lama terkenal, terutama manfaatnya bagi kesehatan jantung. Namun belum banyak orang yang tahu berapa jumlah yang sebenarnya dibutuhkan untuk mencapai manfaat kesehatan yang maksimal.

Kita tidak perlu mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah banyak untuk bisa mendapatkan manfaatnya. Menurut hasil temuan terbaru, cukup dengan mengonsumsi dua sendok makan minyak zaitun dapat memangkas hampir setengah risiko kematian akibat penyakit jantung. Sedangkan konsumsi satu sendok makan minyak zaitu dapat memotong risiko penyakit jantung hampir 28 persen.

Minyak-Zaitun-Dapat-Cegah-Sakit-Jantung_1

Banyak penelitian menyoroti manfaat minyak zaitun untuk jantung, tetapi hanya sedikit yang meneliti seberapa besar risiko kematian dapat diturunkan oleh minyak 'The Liquid Gold' ini.

European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition di dalam risetnya, meneliti dan mengkaji pola makan hampir 41.000 orang dewasa dalam jangka 20 tahun lalu.

Sementara itu, penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menyebutkan, minyak zaitun tidak dapat membantu mencegah risiko kematian akibat kanker, tapi ada dampak yang besar dalam memperkecil risiko kematian akibat penyakit jantung.
Minyak-Zaitun-Dapat-Cegah-Sakit-Jantung_2

"Temuan ini sangat signifikan. Hal ini memberitahu kita bahwa minyak zaitun sangat baik untuk jantung," kata Dr Charles Knight dari Cardiovascular Society Inggris. "

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan polifenol, senyawa yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan mungkin mengurangi risiko pembekuan darah.

Dalam riset terbarunya, para ilmuwan asal Spanyol juga mempelajari data pada kebiasaan makan 40.622 pria dan wanita usia antara 29 tahun dan 69 tahun, yang diikuti selama lebih dari 13 tahun untuk melihat efek minyak zaitun terhadap risiko kematian. Sepanjang riset tersebut, kurang dari 2.000 peserta meninggal, termasuk 956 diantaranya akibat kanker dan 416 akibat penyakit jantung.

Hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa peserta yang meninggal akibat penyakit jantung mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah kecil. Sementara mereka yang mengambil 29 gram atau lebih per hari sekitar dua sendok makan, 44 persen berkurang yang meninggal di akibatkan masalah penyakit jantung.

Related Posts

Manfaat Minyak Zaitun Dapat Cegah Sakit Jantung
4/ 5
Oleh :

6 comments

wew keren bgt sob, bisa aku refernsikan buat orangk tua kuh nih....
nice spost SOB...^_^

@Seniman fotografi
Mudah-mudahan ada manfaat nya Sahabat

wah baru tahu ane.. nice post sob!!! :)

@Cartenz Pyramid
Mudah-mudahan ada manfaatnya Sob

ajib bgd ney minyak zaitun

@Megawati Achmad
Benar Mbak, Banyak khasiatnya.