May 28, 2012

Manfaat Buah Kiwi Kaya Nutrisi Membantu Kerja Usus

Manfaat_Buah_Kiwi_Kaya_Nutrisi
Manfaat Buah Kiwi Kaya Nutrisi Membantu Kerja Usus. Pada artikel sebelumnya kita sudah memaparkan sedikit manfaat dari beberapa buah seperti Manfaat Buah Stroberi dan juga Manfaat Sebutir Buah Apel.

Melanjukan artikel Kesehatan Blog Laurencius kali ini akan share Manfaat Buah Kiwi Kaya Nutrisi Membantu Kerja Usus

Buah kiwi dipercaya mampu melancarkan sistem pencernaan makanan karena kaya akan serat. Selain itu, kandungan enzim actinidin dalam buah kiwi memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Pencernaan protein menjadi lebih baik karena salah satu manfaat actinidin dalam buah kiwi. Enzim ini juga membantu menjaga kadar gula dan lemak darah, serta membantu menjaga kesehatan usus.

Namun, buah kiwi masih menyimpan banyak keuntungan untuk manusia. Lantas, apa saja hal mengagumkan dari buah kiwi? Berikut 10 fakta menarik mengenai buah kiwi Zespri New Zealand.

  • Buah kiwi kaya dengan nutrisi

Buah kiwi memiliki nutrisi paling banyak dibandingkan dengan buah-buah lainnya. Ini berarti Anda akan mendapatkan vitamin dan mineral lebih banyak setiap gram, maupun per kalori dari buah kiwi dibandingkan dengan buah lainnya.

  • Buah kiwi kaya vitamin C

Banyak orang berpikir bahwa jeruk paling banyak mengandung vitamin C. Namun, kenyataannya buah kiwi memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dibandingkan jeruk. Jadi, Anda hanya membutuhkan satu buah kiwi per hari untuk mendapatkan jumlah yang direkomendasikan.

  • Buah kiwi memiliki kandungan vitamin lain yang lebih tinggi dibandingkan buah-buah lain.

- Vitamin E
Biasanya makanan yang mengadung rendah lemak bukan merupakan sumber yang baik bagi vitamin E. Buah kiwi memiliki kandungan lemak yang rendah, namun merupakan sumber vitamin E yang tinggi yang merupakan antioksidan dan dibutuhkan untuk kesehatan jantung.

- Asam Folat
Merupakan sumber alami dari folat yang sangat dibutuhkan untuk mencegah cacat tulang belakang pada bayi (folat dibutuhkan sebelum dan selama kehamilan), juga bagi perkembangan otak dan kognitif anak-anak, serta mencegah penyakit kardiovaskular.

Setiap orang membutuhkan asupan folat yang cukup dalam makanan mereka. Bahkan, folat sangat penting sehingga di beberapa negara ditambahkan kandungan folat pada tepung untuk memastikan kecukupan asupan folat.

- Potasium
Kandungan potasiumnya sama dengan pisang, namun hanya memiliki setengah kalori. Hal ini menjadikan buah kiwi sempurna sebagai sumber potasium dan rendah sodium, serta memiliki manfaat untuk menjaga kondisi tekanan darah dan kesehatan jantung.

  • Buah kiwi merupakan sumber karotin lutein yang baik.

Buah kiwi memiliki kandungan lutein yang tinggi. Kandungan lutein pada buah kiwi terbukti lebih mudah diserap (lebih baik dari sayuran) dan mudah didapat. Ini berarti, kiwi sangat baik untuk membantu kesehatan penglihatan yang disebabkan usia.

Buah kiwi mengandung antioksidan alami yang tinggi (seperti polyphenol, karotenoid) dan manfaat photochemical lain, termasuk beberapa enzim penting.

Mengonsumsi buah kiwi membantu meningkatkan antioksidan yang dibutuhkan setiap hari dan membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif.

  • Buah kiwi membantu dalam meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Perlindungan secara alami dari kesibukan sehari-hari membantu dalam menanggulangi tekanan, radang, dan serangan dari bakteri dan virus yang banyak berkembang.

Percobaan yang pernah dan sedang dilakukan membuktikan bahwa buah kiwi efektif memberikan manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi buah kiwi dua buah sehari terbukti mengurangi jumlah sel yang rusak akibat stres oksidatif dan terbukti memperbaiki kerusakan DNA akibat stres oksidatif.

Ini terbukti pada penelitian terhadap sekelompok manusia di New Zealand dan Eropa.

Mengonsumsi buah kiwi bersama dengan makanan lainnya, terbukti mengurangi stres oksidatif akibat makanan yang Anda konsumsi, terutama makanan dengan lemak tinggi.

Penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah kiwi pada saat atau setelah makan terbukti mengurangi stres oksidatif.

Dengan mengonsumsi buah kiwi dua hingga tiga buah per hari menunjukan penurunan penggumpalan darah.

Penggumpalan darah dikenal sebagai faktor risiko dari penyakit kardiovaskular yang menyebabkan penyumbatan arteri dan pembuluh darah.

  • Buah kiwi sangat baik untuk mengurangi sebah dan kembung.

Buah kiwi dikenal sebagai sumber pencerna alami. Hal ini disebabkan oleh kombinasi yang unik dari serat dan komponen lainnya terkandung dalam buah kiwi.

Sumber

Related Posts

Manfaat Buah Kiwi Kaya Nutrisi Membantu Kerja Usus
4/ 5
Oleh :

10 comments

Buah Kiwi ternyata banyak manfaatnya ya sob
tapi lum pernah merasakannya :)

gk nyangka ya sob ternyata kegunaanx bnyk banget...., thx infox ya *smile

@Imtikhan
Iya tuh baik untuk kesehatan


@Rohis Facebook
Iya tuh Sobat

Terima kasih sahabat atas berbagi pengetahuan kesehatannya ini

@Ferry Nurse
Sama-sama sobat. Kami suka dengan artikel Kesehatan Sob.

berkunjung malam gan

@Imtikhan
Nakasih Sobat

wah.. nice info. ternyata buah kiwi sangat bermanfaat ya buat kesehatan.. besok cari jus kiwi ah.. hehe :D

saya belum pernah makan buah kiwi, di daerah saya gak ada dijual sobat...

@Ahmad Zuhdi
Boleh juga tuh sob.


@Asis Sugianto
Waduh, mesan aja deh Sob.