April 11, 2012

Gempa Berkekuatan 8,9 SR 2012 di Sumatera-Tsunami Bisa Terjang Lampung, Bengkulu, Aceh & Sumatera

Gempa-Berkekuatan-8,9SR-2012-di-Sumatera
Gempa Berkekuatan 8,9 SR 2012 di Sumatera-Tsunami Bisa Terjang Lampung, Bengkulu, Aceh & Sumatera. Gempa besar terjadi di wilayah Aceh dan sekitarnya. Gempa dengan kekuatan 8,9 skala richter tersebut melanda Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung dan Sumbar pada Rabu (11/4/2012) sekitar pukul 15.38 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperingatkan, gempa ini berpotensi tsunami. Gempa Berkekuatan 8,9 SR 2012 di Sumatera-Tsunami Bisa Terjang Lampung, Bengkulu, Aceh & Sumatera

Menurut catatat BMKG, pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer, tepatnya di titik ordinat 2.40 derajat lintang utara (LU)-92.00 Bujung Timur (BT).

Pusat gempa berada di 346 kilomter arah barat daya kabupaten Simeuleu Provinsi Aceh. Hingga kini belum diketahui jumlah korban jiwa maupun bangunan rusak akibat gempa ini.

Salah seorang anggota TNI yang sedang bertugas di Aceh, Sertu Syaidina, mengatakan bahwa gempa dirasa cukup kuat. Bahkan, goncangan terjadi cukup lama sampai sekira 10 menit.

“Warga saat ini masih panik, karena getarannya cukup besar, mereka trauma dengan tsunami,” kata Syaidina saat berbagi kisah, Rabu (11/4/2012).

Selain itu, kata dia, warga di Darul Imarah, Banda Aceh, juga masih panik karena khawatir akan menimbulkan gelombang tsunami seperti yang terjadi pada 2004 silam.

“Warga masih panik, maaf saya belum bisa bicara banyak,” tukasnya.

Pusat gempa berada di 346 kilometer arah barat daya kabupaten Simeuleu Provinsi Aceh. Hingga kini belum diketahui jumlah korban jiwa maupun bangunan rusak akibat gempa ini.

Gempa Aceh 8,9 SR Dirasakan 3 Menit di Medan
Gempa bumi berkekuatan 8,9 Skala Richter mengguncang Aceh pukul 15.38 WIB. Gempa juga dirasakan di Medan, Sumatera Utara.

Di Bandara Polonia Medan, gempa bumi dirasakan beberapa kali selama sekira tiga menit.

Namun tidak ada kepanikan dari penumpang. Awalnya banyak penumpang tidak menyadari gempa terjadi, namun setelah ada pemberitahuan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) baru menyadari gempa bumi terjadi di Aceh.

BMKG mencatat gempa bertitik pusat di 2,31 derajat Lintang Utara dan 92,67 derajat Bujur Timur di kedalaman 10 kilometer. Menurut BMKG gempa juga dirasakan hingga Lampung.

Related Posts

Gempa Berkekuatan 8,9 SR 2012 di Sumatera-Tsunami Bisa Terjang Lampung, Bengkulu, Aceh & Sumatera
4/ 5
Oleh :

5 comments

Meski getaran gempanya cukup besar, tapi syukurlah tidak berdampak tsunami, meski warning sempat diumumkan. Semoga saudara yang di Aceh bisa tabah menghadapi musibah ini

untung saja tidak menimbulkan tsunami yg hebat seperti beberapa tahun yang lalu,,,

@Ruang Inspirasi
Cukup kaget juga lihat di TV Kang.
Alhamdulilah, berkat Doa seluruh rakyat Indonesia. tidak terjadi apa-apa.


@Asis Sugianto
Iya teman. Alhamdulillah.

Gimana gan informasi terbarunya...
Semoga tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan yang parah.
terima kasih atas infonya

@Jefry
ini lagi dipantau terus Kang. Salam