December 10, 2013

Ilmuwan Ciptakan Jubah Penghilang ala Harry Potter

Jubah-Penghilang-ala-Harry-Potter
Inovasi dibidang teknologi terus berkembang, mulai dari yang sederhana sampai yang aneh dan unik diterapkan melalui sains teknologi. Ini bukan mistis, sebuah jubah penghilang ala Harry Potter sedang digarap oleh para Ilmuwan.

Jubah penghilang ala Harry Potter ini memanfatkan teknologi frekuensi broadband untuk menyembunyikan benda atau manusia. Para ahli fisika AS menemukan bahwa jubah ajaib ini bisa menyembunyikan benda dalam jangkauan panjang gelombang cahaya tertentu atau gelombang mikro.

Dalam frekuensi lain, jubah penghilang justru akan membuat sebuah benda tampak semakin jelas. Solusi mereka adalah sistem elektronik super tipis. Ulasan sistem ini sudah dimuat di jurnal Physical Review Letters.

"Jubah aktif kami adalah konsep dan rancangan baru, yang bertujuan menerobos batasan-batasan jubah penghilang yang ada sekarang dan kami menunjukkan bahwa hal itu mungkin dilakukan," kata Prof Andrea Alu, dari Universitas Texas di Austin.

"Jika anda ingin membuat sebuah obyek transparan di semua sudut dalam frekuensi broadband, ini adalah solusi yang baik.

Model pertama yang dibuat ilmuan pada 2006 berhasil menghilangkan silinder tembaga kecil dengan cara membengkokkan gelombang mikro di sekitarnya. Jubah itu dibuat dari cangkang tipis materi meta, yaitu komposit buatan yang strukturnya memungkinkan terbentuknya properti yang tidak ada di alam[bbc.co.uk]

Related Posts

Ilmuwan Ciptakan Jubah Penghilang ala Harry Potter
4/ 5
Oleh :

8 comments

Keren kang :D

Technology ninggi Cak

Canggih sekali penemuannya...

Illusion modern

wah keren... bisa ilang gitu.

Ngilang sih tidak, cuma disamarkan

wah beneran iki ta mas, ? :(

Benaran teman, bahkan teknologi ini sudah mulai diterapkan ke mobil