November 17, 2013

Mengenal Kelenjar Getah Bening (KGB)

Kelenjar-getah-bening
Kelenjar getah bening terdapat di beberapa tempat di tubuh kita. Seringkali timbul benjolan-benjolan di daerah tempat kelenjar getah bening berada dan seringkali pula hal itu menimbulkan kecemasan tersendiri.

Mari kita kenali penyebab dari pembesaran kelenjar getah bening tersebut serta gambaran klinisnya. Pada umumnya pembesaran kelenjar getah bening terjadi 55% berada di daerah kepala dan leher.

Kelenjar getah bening (KGB) :

Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh. Tubuh manusia memiliki kurang lebih sekitar 600 kelenjar getah bening, namun hanya didaerah submandibular (bagian bawah rahang bawah; sub: bawah;mandibula:rahang bawah), ketiak atau lipat paha yang bisa diraba pada orang sehat.

Terbungkus kapsul fibrosa yang berisi kumpulan sel-sel pembentuk pertahanan tubuh dan merupakan tempat penyaringan antigen (protein asing) dari pembuluh-pembuluh getah bening yang melewatinya. Pembuluh-pembuluh limfe akan mengalir ke KGB sehingga dari lokasi KGB akan diketahui aliran pembuluh limfe yang melewatinya.

Oleh karena dilewati oleh aliran pembuluh getah bening yang dapat membawa antigen (mikroba, zat asing) dan memiliki sel pertahanan tubuh maka apabila ada antigen yang menginfeksi maka kelenjar getah bening dapat menghasilkan sel-sel pertahanan tubuh yang lebih banyak untuk mengatasi antigen tersebut sehingga kelenjar getah bening membesar.

Pembesaran kelenjar getah bening dapat berasal dari penambahan sel-sel pertahanan tubuh yang berasal dari KBG itu sendiri seperti limfosit, sel plasma, monosit dan histiosit,atau karena datangnya sel-sel peradangan (neutrofil) untuk mengatasi infeksi di kelenjar getah bening (limfadenitis), infiltrasi (masuknya) sel-sel ganas atau timbunan dari penyakit metabolit makrofag (gaucher disease)

Dengan mengetahui lokasi pembesaran KGB maka kita dapat mengerahkan kepada lokasi kemungkinan terjadinya infeksi atau penyebab pembesaran KGB[wikipedia, health]

Related Posts

Mengenal Kelenjar Getah Bening (KGB)
4/ 5
Oleh :

4 comments

Persis seperti saya kemarin ikut pelatihan mengenai hal ini mas...

Untuk antisipasi lebih awal Mas Ferry

Wah saya malah baru tahu mas tentang kelenjar getah bening ini, soalnya nggak begitu paham tentang kesehatan hehehe ^^

Kelenjar getah bening (KGB) adalah sistem pertahanan tubuh, dan ini masih berlanjut lagi pembahasannya Mbak Eka