October 15, 2013

Mengenal Perbedaan Antara Mineral dan Vitamin

artikel-kesehatan
Mineral adalah senyawa alami yang terbentuk melalui proses geologis. Istilah mineral termasuk tidak hanya bahan komposisi kimia tetapi juga struktur mineral. Mineral termasuk dalam komposisi unsur murni dan garam sederhana sampai silikat yang sangat kompleks dengan ribuan bentuk. [wikipedia]

Mineral adalah kelompok mikronutrien yang penting bagi tubuh. Artinya, zat gizi ini hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk mendukung proses tumbuh kembangnya tubuh.

Perbedaan  Mineral dan Vitamin

Banyak kalangan menganggap bahwa mineral sama dengan vitamin. Padahal dalam struktur kimia kedua nutrisi ini memiliki bentuk yang berbeda meski memiliki beberapa fungsi yang hampir sama antara keduanya.

Perbedaan Antara Mineral dan Vitamin :
  • Mineral termasuk dalam unsur inorganik. Ini berarti mineral dapat mempertahankan bentuknya setelah masuk ke dalam tubuh. Jika vitamin bisa rusak akibat panas, asam atau pun proses lainnya, maka tidak dengan mineral yang memiliki struktur kuat dan tidak mudah rusak.
  • Struktur vitamin akan berubah ketika masuk ke dalam tubuh. Tubuh tidak menyerap vitamin dalam bentuk awal, melainkan diserap dalam bentuk provitamin (vitamin yang belum aktif). Sedangkan mineral tidak dapat berubah emjadi unsur lainnya. Misalnya Fe (zat besi) dapat bergabung dengan unsur lain dalam bentuk senyawa garamnya, tetapi zat besi tidak akan berubah menjadi unsur lain.
  • Saat masuk ke dalam tubuh, mineral akan menjalankan tugasnya membantu proses metabolisme tanpa melalui proses lainnya. Misalnya magnesium yang langsung diserap untuk relaksasi otot serta jaringan syaraf. Zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Kalsium untuk menutrisi tulang dan gigi serta masih banyak mineral penting lainnya bagi kesehatan.
  • Proses penyerapan mineral juga berbeda dari vitamin terutama dari segi jumlah dan penanganannya dalam tubuh Anda. Ini karena vitamin bisa larut dalam air dan lemak, sedangkan mineral tidak larut air dan lemak.
Demikian sekilas Mengenal Perbedaan Antara Mineral dan Vitamin, semoga manfaat.

Related Posts

Mengenal Perbedaan Antara Mineral dan Vitamin
4/ 5
Oleh :

2 comments

Jadi inget pelajaran biologi dulu. Makasih ya gan.

Pengetahuan dasar Bang