August 15, 2013

Mengenal Jenis Penyakit Tulang

Mengenal Jenis Penyakit Tulang. Kita perlu juga memengenal beberapa jenis penyakit tulang untuk menambah wawasan pengetahuan. 

Ilustrasi-Jenis-PenyakitTulang

Biasanya orang yang telah berumur rentan sekali terserang penyakit tulang ini, meskipun tidak tertutup kemungkinan bahwa orang yang masih muda juga bisa terkena penyakit tulang.

Ada banyak sekali jenis penyakit tulang termasuk peradangan pada persendian, tumor dan beberapa diantaranya termasuk penyakit degenerative yang merupakan silence disease atau penyakit yang datang secara tiba-tiba.


Mungkin penyakit tulang yang paling sering terdengar adalah osteoporosis yang disebut juga sebagai pengeroposan tulang. Sekarang ini sudah banyak iklan-iklan yang menawarkan produks mereka, terutama susu untuk mencegah penyakit yang satu ini.


Rata-rata semua penyakit tulang disebabkan oleh kurangnya kalsium yang diserap oleh tubuh. Kalsium yang masuk ke dalam tubuh kita umumnya akan disimpan ke dalam tulang.


Penyimpanan itu berguna untuk menjaga kesehatan tulang di masa yang akan datang. Akan tetapi, bila tubuh tidak disuplai dengan kalsium yang cukup, maka otak akan mengambil cadangan kalsium tersebut, maka di dalam tulang tidak ada lagi penyimpanan.


Oleh sebab itu, muncul berbagai penyakit tulang yang menyerang. Marilah kita mengenal penyakit tulang lebih lengkap untuk menambah pengetahuan kita.


Jenis Penyakit Tulang :

  • Osteoporosis
Kita tidak lagi mengalami kesulitan untuk mengenal penyakit tulang yang satu ini. Penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang ini merupakan penyakit tulang yang paling terkenal.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium dalam tubuh atau penyakit yang biasanya menyerang manula dan wanita menopause. Penyakit ini dapat menyebabkan tingkat kepadatan tulang menurun dan osteoporosis juga akan menggerogoti kekuatan yang ada pada tulang, sehingga tulang menjadi sangat rapuh dan mudah sekali patah.



  • Osteomalacia
Penyakit ini merupakan penyakit yang dapat membuat tulang menjadi sangat lemah karena kurangnya asupan vitamin D di dalam tubuh atau terjadi kesalahan metabolisme dalam tubuh. Penyakit ini hampir sama dengan osteoporosis, karena sama-sama membuat tulang menjadi sangat rapuh dan mudah sekali patah.


  • Rickets
Pada umumnya, penyakit rickets ini terjadi pada anak-anak yang sedang bertumbuh. Penyakit ini disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi kalsium, sehingga terjadi penumpukan kalsium dalam tulang yang menyebabkan susunan tulang menjadi abnormal.


  • Osteomyelistis
Merupakan sebuah penyakit tulang yang terjadi karena adanya infeksi akibat dari bakteri atau sepsis yang menyebar ke dalam tubuh. Penyakit ini kemudian akan membuat tulang kehilangan kekuatannya.


  • Osteoarthritis
Penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang berusia lanjut. Penyakit ini merupakan munculnya peradangan pada sendi, yang biasanya menyerang daerah lengan, pergelangan lutut, kaki, bahu, pinggul, dan lainnya. Penyakit ini lebih dikenal dengan nama rematik.

Pada wanita, khususnya mereka yang suka mengenakan sepatu hak tinggi, memiliki resiko terkena penyakit ini, karena kaki tidak berdiri sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, sebaiknya kenakan sepatu beralas rendah sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang kita.



  • Gout
Merupakan penyakit yang biasanya menyerang manusia dengan mendadak dan terjadi secara berulang-ulang. Pada awalnya hanya akan merasakan nyeri pada beberapa beagian tertentu dan kemudian akan terbentuk endapan kristal monosodium glutamate urat yang berkumpul pada sendi.

Penyabeba lainnya adalah tingginya kadar asam di dalam darah. Penyakit ini juga lebih sering disebut sebagai asam urat dan penderitanyaa harus senantiasa mengontrol kadar asam di dalam tubuhnya agar tidak terjadi serangan asam urat.



  • Systematic Lupus Erythematosus (SLE)
Merupakan penyakit antiimun, dimana seharusnya sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh, namun malah sebaliknya menyerang tubuh dan melawan dirinya sendiri. Pada umumnya penderita lupus akan merasakan ngilu yang luar biasa pada tulangnya dan sayangnya obat untuk peyakit ini sampai saat ini belum ditemukan.[health,kesehatan]

Related Posts

Mengenal Jenis Penyakit Tulang
4/ 5
Oleh :

1 comments:

Nice info kang :D